5 Aturan di Korea yang Wajib Diketahui

Posted on

Korea Selatan pasti sudah tak aneh jika dijadikan tujuan untuk berlibur. Terkenal dengan drama korea dan K-Pop yang sudah masuk dalam naluri bangsa Indonesia, sampai banyak makanan korea pun digemari oleh orang Indonesia.

Jika kamu salah satu dari penggemar Korea terutama Korea Selatan, kamu perlu mengetahui beberapa aturan yang ada di Korea Selatan, apalagi kalau kamu ingin pergi berlibur ke sana. Kamu harus cermati ini baik-baik.

Jadi inilah beberapa aturan yang harus kamu patuhi saat berada di Korea Selatan.

1. Jangan Sembarang Melihat atau Memotret Orang Lokal

Jika kamu sedang berada di dalam bus, atau sedang berada di jalan, jangan sampai melihat apalagi sampai memperhatikan orang lokal, karena di Korea Selatan hal tersebut merupakan hal yang tidak sopan.

Dan kamu juga jangan sampai memotret orang lokal di sana tanpa izin atau kamu akan dikenakan denda di sana. Selain itu selalu hati-hatilah saat menunggu bus, karena bus di Korea Selatan sangat banyak, seperti angkot di kota Bogor, yang membuat para wisatawan merasa pusing.

Baca juga : Makanan Korea yang Ada di Drakor

2. Taati Peraturan Lalu Lintas Saat Menyebrang

Foto by alamy.com

Tidak seperti di Indonesia yang jika ingin menyebrang masih bisa di sembarang jalan dan hanya perlu menunggu jalanan agak sepi. Tapi tidak bagi Korea Selatan, di sana kita harus menyebrang menggunakan zebra cross.

Dan kamu tidak boleh menyebrang walau jalanan agak sepi atau lengang, tapi kamu harus menunggu lampu hijau bagi para pejalan kaki untuk menyebrang. Disiplin banget yahh.

3. Tidak Boleh Merokok dan Membuang Sampah Sembarangan

Foto by dunia.tempo.co

Di Korea Selatan sangat dilarang keras untuk merokok di sembarang tempat apalagi di tempat umum. Jika kamu merokok sembarangan di sana, bisa-bisa kamu dikenakan denda dan berurusan dengan polisi loh.

Begitu juga dengan membuang sampah, jangan pernah kamu berani membuang sampah sembarangan di Korea Selatan. Walaupun tidak ada orang yang melihat, kamu tetap bisa dikenakan denda. Karena di Korea Selatan banyak CCTV yang mengintai.

Baca juga : Tempat Private Dinner di Jakarta

4. Jangan Main-Main dengan Sumpit dan Makanan

Foto by idntimes.com

Sumpit memang sudah bagian dari budaya Korea, dan ada aturan dalam memakai sumpit di sana. Jangan sesekali kamu berani menusuk makanan menggunakan sumpit karena itu dianggap sebagai penghinaan di sana.

Selain itu kamu jangan sampai memegang sumpit dalam posisi vertikal karena di sana hal itu cukup fatal. Selain itu, jika kamu berada di restoran atau bertamu ke rumah orang Korea, jangan sesekali menolak makanan.

Dan jangan sampai kamu tidak menghabiskan makanan itu, karena itu bisa dianggap penghinaan terhadap si juru masak. Dan kamu boleh bersendawa sesuka hatimu di sana. Semakin keras sendawamu semakin mereka merasa di hargai. Sangat berkebalikan dengan Indonesia yah.

5. Jangan Merasa Jijik dengan Pembahasan Toilet dan Pup

Pembahasan mengenai toilet bahkan pup di sana merupakan hal yang biasa. Bagi kita membicarakan hal tersebut bisa dibilang jijik. Tapi tidak dengan Korea Selatan. Di sana, hal yang bernilai manusiawi adalah hal yang biasa.

Nah itulah beberapa aturan yang ada di Korea Selatan. Jika kamu ingin pergi berlibur ke sana pastikan untuk menghafal aturan-aturan di atas yah. Dan jangan anggap Korea Selatan itu hanya enaknya saja.

Banyak hal yang tidak enak dan tidak biasa bagi budaya kita, tapi taka da salahnya jika kita mengetahui budaya orang luar. Yang baik bisa ditiru, yang buruk bisa dibuang.

Baca juga : Penginapan Hits di Korea

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *