5 Tempat Wisata Sejarah di Palembang

Posted on

Setelah kita membahas tempat wisata dari beberapa kota di Indonesia dan kita juga telah membahas film yang mengangkat kisah kemerdekaan Indonesia. Saat ini kita akan kembali membahas wisata sejarah dari kota pemilik pempek yang khas.

Apa lagi kalau bukan Palembang. Jika kamu sedang ada di sana, jangan lupa untuk mengunjungi beberapa tempat wisata sejarah di sana yah. Tidak hanya sejarah tentang perjuangan Indonesia saja tapi sejarah purba kala juga ada di sini.

Nah, berikut ini adalah beberapa tempat wisata sejarah di Palembang yang bisa dijadikan referensi untuk dikunjungi pada akhir pekan.

1. Taman Purbakala Kerajaan Sriwijaya

Foto by jejakpiknik.com

Tempat pertama ini dikenal juga dengan Situs Karanganyar, taman purbakala bekas kawasan permukiman dan taman yang dikaitkan dengan kerajaan Sriwijaya yang terletak di tepi utara Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan.

Di kawasan ini banyak bagian-bagian yang terlihat jelas bahwa itu adalah buatan manusia. Selain itu, banyak peninggalan purbakala yang ditemukan dikawasan ini yang menunjukkan dulunya adalah pusat pemukiman.

Di kawasan ini banyak ditemukan manik-manik, struktur batu bata, damar, tali ijuk, keramik, tempayan, guci, buli-buli, mangkuk, piring, tungku, kendi, periuk, pasu, bahkan genteng. Kumpulan temuan menunjukkan padatnya aktivitas masyarakat di kawasan ini pada masa lalu.

2. Pulau Kemaro

Foto by daerah.sindonews.com

Merupakan sebuah delta kecil di Sungai Musi, terletak di daerah industry antara Pabrik Pupuk Sriwijaya dan Pertamina Plaju dan Sungai Gerong. Di Pulau ini terdapat sebuah Vihara Cina (Klenteng Hok Tjing Rio).

Selain itu terdapat juga kuil Buddha yang sering dikunjungi untuk berdoa dan berziarah ke makam. Setiap tahun di pulau ini sering diadakan acara Cap Go Meh. Terdapat pula makam putri Palembang yang bernama Siti Fatimah.

Ada sebuah batu samping Klenteng Hok Tjing Rio, tentang kisah Tan Bun An, Siti Fatimah dan seorang pengawal yang terjun ke Sungai Musi untuk mengambil emas. Oleh karena itu dibangun kuil dan makam untuk mengenang tiga orang tersebut.

Baca juga : Tempat Wisata Sejarah di Cirebon

3. Museum Sultan Mahmud Badaruddin II

Foto by merahputih.com

Tak lengkap jika wisata sejarah tak mengunjungi museum yah. Museum Sultan Mahmud Badaruddin Ii ini merupakan salah museum yang terletak di Palembang. Museum ini didirikan pada abad ke-19.

Museum ini adalah bekas bangunan rumah residen kolonial Sumatera Selatan. Bangunan juga menjadi gedung dinas pariwisata Palembang. Di dalam museum ini kita dapat melihat koleksi tekstil, senjata, pakaian tradisional, kerajinan dan koin Sumatra Selatan.

Kebun-kebun di sekitar museum pun dipenuhi dengan artefak dari zaman Sriwijaya, misalnya patung Ganesha dan Buddha.

4. Museum Balaputera Dewa

Atau secara resmi disebut sebagai Museum Negeri Provinsi Sumatra Selatan “Balaputra Dewa”. Nama Balaputra Dewa berasal dari Balaputra, raja Sriwijaya abad ke-9 dan mantan kepala dinasti Sailendra yang berpusat di Palembang.

Balaputra Dewa menampilkan sejarah dan tradisi dari provinsi Sumatra Selatan. Museum ini dibangun pada tahun 1978. Di museum ini terdapat kerajinan tradisional dan artefak yang ditemukan di Sumatera Selatan.

Bahkan dari zaman pra sejarah hingga zaman kolonial Belanda. Semua peninggalan dipemarkan di tiga ruang pameran. Museum ini menjadi salah satu dari tiga koleksi lokal publik setempat dari koleksi artefak Sriwijaya.

Baca juga : Tempat Wisata Sejarah di Cirebon

5. Bukit Seguntang

Foto by travel.tempo.co

Atau disebut juga Bukit Siguntang. Sebuah bukit kecil setinggi 30 meter dari permukaan laut yang terletak 3 km dari Sungai Musi. Di sekitar bukit ini kita akan menemukan temuan purbakala yang dikaitkan dengan kerajaan Sriwijaya.

Di puncak bukit ini terdapat beberapa makam yang dipercaya adalah leluhur warga Palembang. Oleh masyarakat sekitar ini dianggap keramat dan menjadi tempat ziarah. Kini kawan ini menjadi bagian taman purbakala untuk menjaga artefak yang mungkin belum terungkap.

 

Sumber:

https://id.m.wikipedia.org/wikipedia/wiki/Taman-Purbakala_Kerajaan_Sriwijaya

https://id.m.wikipedia.org/wikipedia/wiki/Pulau_Kemaro

https://id.m.wikipedia.org/wikipedia/wiki/Museum_Sultan_Mahmud_Badaruddin_II

https://id.m.wikipedia.org/wikipedia/wiki/Museum_Balaputera_Dewa

https://id.m.wikipedia.org/wikipedia/wiki/Bukit_Seguntang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *