5 Wisata Sejarah di Cirebon

Posted on

Berbagai tempat wisata di Jawa Barat sudah terkenal banyak tempat-tempat yang pas untuk para kaum milenial yang kekinian. Tapi tak sedikit pula yang masih suka untuk datang ke tempat wisata yang memiliki nilai sejarah.

Cirebon, sebagai kota kecil di Jawa Barat yang hanya memiliki 5 kecamatan cukup memiliki tempat wisata yang mengandung nilai sejarah. Tak ada salahnya jika berkunjung ke salah satu tempat itu.

Jadi inilah 5 tempat wisata sejarah yang ada di Cirebon.

 

1. Keraton Kasepuhan

Foto by pegipegi.com

Keraton Kasepuhan merupakan keraton pertama yang ada di Cirebon, dibangun pada tahun 1529 oleh Pengeran Mas Mochamad Arifin II. Keraton ini merupakan salah satu keraton paling terkenal di Cirebon.

Selain itu, keraton ini adalah keraton yang megah dan paling terawat. Keraton ini menyimpan benda-benda peninggalan sultan Cirebon dan terdapat satu kereta unik yang hanya dikeluarkan pada tanggal 1 syawal yaitu kereta singa.

Serunya berwisata sejarah ke keraton ini, kamu juga bisa sekaligus mengunjungi masjid agung sang cipta rasa, ada hal yang menarik jika kita berkunjung ke masjid ini, katanya setiap sholat jumat kamu akan mendengar 7 muadzin mengumandangkan adzan dalam waktu bersamaan.

 

2. Keraton Kanoman

Foto by situs budaya.id

Tak jauh dari keraton kasepuhan, sekitar 600 meter dengan melewati jalanan yang menyuguhkan pasar tradisional yang menyediakan oleh-oleh khas Cirebon, kamu bisa menemukan satu lagi keraton yang bernama Keraton Kanoman.

Keraton ini dibangnn pada tahun 1588 oleh Sultan Badaruddin. Di dalam keraton ini terdapat museum yang menyimpan benda-benda koleksi sultan dahulu sampai benda sejarah seperti piring peninggaan kolonial Belanda.

 

Baca juga : Legenda di Yogyakarta

3. Keraton Kacirebonan

Foto by tindaktandukarsitek.com

Satu lagi keraton yang ga boleh ketinggalan kalo kamu lagi ada di Cirebon. Yap keraton kacirebonan, sesuai seperti nama kotanya yah, keraton ini dibangun pada tahun 1800. Dalam keraton ini tak kalah dari keraton-keraton sebelumnya.

Keraton kacirebonan menyimpan benda-benda peninggalan sultan dan juga peninggalan masa kolonial Belanda. Salah satu bentuk peninggalannya seperti keris, wayang, dan gamelan.

 

4. Taman Sari Gua Sunyaragi

Foto by jabar.pojoksatu.id

Tempat wisata sejarah yang satu ini merupakan bagian dari keraton kasepuhan. Tempat ini didirikan oleh Pangeran Arya Carbon pada tahun 1973. Taman sari gua sunyaragi ini dulunya merupakan pesanggarahan yang digunakan untuk menyepi dan mencari ketenangan.

Di tempat ini kamu bisa menemukan dua tempat utama yaitu pesanggrahan dan sebuah gua. Dalam pesanggrahan yang terdapat sebuah kamar tidur dan ruang rias.

Sedangkan jika kamu melihat gua yang terlihat seperti candi kamu akan menemukan lorong yang berbentuk labirin di dalamnya. Tempat ini tepat untuk dijadikan tempat istirahat karena menyajikan pepohonan yang rindang dan banyak yang menjual jajanan sampai souvenir khas Cirebon.

 

Baca juga : Wisata Sejarah di Semarang

5. Makam Sunan Gunung Jati

Foto by jabar.tribunnews.com

Wisata sejarah terakhir di kota Cirebon yaitu makam sunan gunung jati, jika kamu ingin melihat atau mengenang perjuangan para wali di Cirebon, kamu bisa datang ke tempat ini. Makam sunan gunung jati ini memiliki keunikan karena di desain khusus dengan ciri khas Jawa, Cina dan Arab.

Dan tempat ini tak disangka banyak menyedot perhatian para wisatawan, karena tempat ini sangat cocok bagi kamu yang ingin belajar tentang sejarah Cirebon dan penyebaran agama islam di Cirebon.

 

Nah itu lah beberapa tempat wisata sejarah yang ada di Cirebon, jika kamu sedang ada di sana jangan lupa mengunjungi wisata sejarah di atas yah, karena kamu bisa berlibur sambil belajar dan tak ada ruginya karna kamu bisa mendapat wawasan yang baru.

 

Sumber:

https://www.azwisata.com/2014/12/7-tempat-wisata-di-cirebon.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *