7 Sejarah Candi yang ada di Indonesia

Posted on

Sejarah Candi yang ada di Indonesia – Candi merupakan suatu peninggalan berupa bangunan yang di buat sebagai tempat beribadahnya agama Hindu-Budha pada massanya.

Sebelum Indonesia merdeka Candi yang beraneka ragam dan tersebar di beberapa daerah memiliki ciri khas tersendiri serta sejarah yang terdapat di dalamnya.

Candi yang kerap kali menjadi tempat wisata bagi wisatawan asing mau pun lokal membuat daya tarik candi semakin menarik untuk di kunjungi.

Tidak hanya memiliki keindahan semata namun candi juga dapat di jadikan sebagai objek penelitian, mempelajari dan mendalami agama Hindu – Budha berdasarkan dari relief yang ada serta berbagai sejarah yang tersimpan di dalamnya.

Lalu Candi apa saja yang ada di Indonesia berikut hanya beberapa saja yang dapat saya sampaikan.

1. Candi Cangkuang

Merbabu.com

Candi Cangkuang berada di Garut Jawa Barat lebih tepatnya lagi Candi ini berlokasi di kampung Pulo, Cangkuang oleh karenanya Candi ini diberi nama Candi Cangkuang.

Dari sejarah yang ditelusuri Candi ini merupakan peninggalan Hindu yang menjadi Candi satu – satunya yang berada di tanah Sunda.

Pertama kali ditemukannya sekitar pada tahun 1966 – 1968, Candi ini pun termasuk kedalam golongan peninggalan Hindu dikarenakan dari hasil penelitian terdapat sebuah arca Siwa yang terletak pada bagian tengah bangunan. Sehingga Candi ini didasari sebagai tempat menyembahnya dewa Siwa pada saat itu.

Candi ini berdiri sejak abad ke 8 M tepatnya ketika pada masa kerajaan Pajajaran.

2. Candi Borobudur

Rri.co.id

Candi Borobudur merupakan bangunan peninggalan Hindu – Budha yang masuk ke dalam kategori tujuh keajaiban dunia, karena Candi ini diperkirakan di bangun pada abad ke 8 dan Candi ini tentunya sangat kental dengan agama Budha karena terlihat dari segi bangunan serta relief yang terbentuk.

Candi ini dapat Anda kunjungi di Jl. Badrawati, Kw. Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah dan apakah Anda tahu jika hingga kini bangunan Candi Borobudur masih aktif di pergunakan sebagai tempat neribadahnya umat Budha terutama pada hari besarnya.

Jika pada hari biasanya tempat ini sangat ramai di kunjungi oleh para wisatawan baik dari luar mau pun dalam negeri.

3. Candi Prambanan

Clook.com

Candi Prambanan ini terdapat di daerah Yogyakarta oleh karena itu jika Anda akan atau sedang berkunjung ke Yogyakarta jangan sampai tempat wisata yang satu ini Anda lewatkan.

Dari segi legenda yang sering kita dengar mengenai Candi Prambanan ini yang merupakan ada kaitannya dengan seorang gadis yang disebut sebagai Roro Jonggrang dan legenda tersebut sangat terkenal di Masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *