5 Fakta Tentang Jepang

Posted on

Sudah banyak artikel yang saya buat tentang Jepang. Mulai dari informasi umum, Kuliner khas Jepang, tempat ala Jepang di Indonesia, jadwal bunga sakura mekar, tips liburan ke Jepang, sampai pada anime nya.

Kalau kamu masih penasaran tentang Jepang, simak artikel ini sampai habis.

1. Negara dengan ekonomi terkuat nomor 3 di dunia

sumber-investasikontan.com

Jepang adalah negara dengan ekonomi terkuat nomor tiga setelah Amerika dan China. Jepang mulai menganut ekonomi pasar bebas dan mengadopsi kapitalisme model Inggris dan Amerika Serikat.

Jepang bersama Jerman dan Korea Selatan adalah tiga negara yang pernah mencatatkan diri sebagai negara-negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat sepanjang sejarah.

Yang membuat ekonomi Jepang meningkat adalah karena bergerak di bidang industri, perbankan, asuransi, bisnis eceran, transportasi, telekomunikasi, tekstil, pengolahan makanan, otomotif, elektronik, perkapalan, mesin perkakas, dan masih banyak lagi.

Sistem kerja di Jepang pun tidak merugikan sebelah pihak. Tenaga kerja di Jepang mendapat upah per jam. Tercatat pada tahun 2001 jumlah angkatan kerja di Jepang mencapai 67 juta orang. Sedangkan tingkat penganggurannya hanya 4 persen saja.

Jepang juga merupakan salah satu negara yang memiliki tingkat kedisiplinan paling tinggi.  Semua warga negaranya sangat menghargai waktu. Wajar saja jika disini banyak orang-orang sukses karena disiplin dan tercatat menempati urutan ke-19 dalam produktivitas tenaga kerja.

Total ekspornya saja mencapai 4.210 dolar AS per kapita. Bukanlah angka yang sedikit, dengan produk ekspor unggulan yaitu alat transportasi, kendaraan bermotor, elektronik, mesin-mesin listrik, dan bahan kimia.

2. Mie Ramen makanan khas Jepang yang populer di Indonesia

sumber-kumparan.com

Selama ini yang kita ketahui bahwa makanan khas Jepang adalah Sushi. Nampaknya Sushi ini sangat terkenal sehingga ketika menyebutkan kata Jepang, maka yang terlintas di pikiran adalah makanan khas nya  yaitu Sushi.

Namun tahukah kamu bahwa justru bukan Sushi yang mendominasi di Indonesia loh. Mungkin karena kurang cocok di lidah orang kita, maka justru Ramen lah yang menjadi favorit di Indonesia.

Gravatar Image
Hidup adalah ujian, namun bagaimana cara kita menyelesaikan ujian itulah yang paling penting. Saatnya hidupkan lilin daripada memaki kegelapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *