5 Wisata Sejarah Bandung | sungguh terlalu kalau tidak kunjung

Posted on

Bandung merupakan kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain udaranya yang sejuk, Bandung juga memiliki wisata yang unik. Dari tahun ke tahun, pasti wisata Bandung ini semakin banyak dan sangat ditunggu-tunggu bagi masyarakat.

Hanya perlu Anda ketahui Kota ini tidak hanya memiliki wisata alamnya saja, Kota ini juga banyak peninggalan sejarah lho. Khususnya di wisata sejarahnya. Karena Bandung kental dengan sejarahnya, maka wisata sejarahnya pun kental juga. lalu apa saja sih wisata sejarah Bandung?

1. Museum Pos Indonesia

Foto: tourbandung.id

Museum pos Indonesia merupakan museum yang didalamnya berisi tentang surat menyurat dari barang jaman dulu hingga sekarang. Didalamnya Anda bisa mengoleksi berbagai perangko lama, material lama, alat cetak pos, dan tokoh yang berperan penting dalam hal surat menyurat.

Museum ini dibangun masa Hindia-Belanda pada 27 Juli 1920 dengan nama Museum Pos, Telegraph dan Telepon (PTT) dan dibuka tahun 1931. Pada 19 Juni 1995 Museum berganti nama menjadi Museum Pos dan Giro disesuaikan dengan perusahaan yang menanganinya. Pada waktu Perusahaan berganti nama menjadi PT Pos Indonesia maka terjadi pula perubahan nama museum ini menjadi Museum Pos Indonesia.
Museum ini terletak di jalan Cilaki No. 73, Kelurahan Cihapit, Kecamatan Bandung Wetan.

2. Museum Geologi

Foto: iderrips.com

Museum ini jaraknya tidak begitu jauh dengan museum pos Indonesia. Sesuai dengan namannya, Geologi identik dengan masa purba seperti dinosaurus, manusia purba, senjata purba,dll. Didalamnya terdapat replika dinosaurus seperti replika tulang T-Rex, manusia purba, senjata purba, dsb. Bangunan yang dibangun pada zaman belanda ini telah beroperasi pada tahun 1928 dan dana pembangunan yang berasal dari dana bantuan dari JICA Jepang ( Japan international Cooperation Agency ) sebesar 754,5 juta Yen. Woww sungguh angka yang cukup fantastis yaa. Tetapi traveller jangan khawatir dengan harga tiket masuknya yaa. Anda cukup menyisihkan uang sebesar 3000 rupiah saja lhoo. Tidak sebandingkan dengan ilmu yang Anda dapat dan dana pembangunannya.

Baca juga: Museum Aceh yang keren banget

3. Museum Konferensi Asia Afrika

Foto: pariwisatajabar.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *