5 Museum Di Aceh Yang Wajib Kamu Kunjungi

Posted on

Kali ini bahas Aceh nih, kalian masih ingat sama tragedi Tsunami Aceh 2004?yaa, peristiwa tsunami tersebut menjadi sebuah peristiwa yang sangat menakutkan dan sedih. Berhektar-hektar lahan dibabat abis oleh air yang tinggi dan kencang sehingga menghancurkan beberapa bangunan dan menelan banyak korban jiwa.

Nah sekarang Aceh udah kembali baik dan jauh lebih baik. Jangan karena Aceh pernah terjadi Tsunami, lalu setelahnya Aceh Tidak indah lagi, kamu salah besar. Aceh semakin indah sekarang.

Disini ada 5 museum Aceh yang wajib banget kamu kunjungi, kamu akan tertarik ntah karena namanya, atau koleksinya. Bahkan peristiwa tsunami Aceh tersebut, dijadikan museum lhoo.

Kalau kamu senang dengan sejarah, kamu pasti sangat tertarik dan menghilangkan rasa penasaranmu dengan cara berkunjung langsung ke Aceh, bukan hanya sekedar browsing di internet saja. Mari kita simak 5 museum di Aceh ini.

1. Museum Tsunami Aceh.

Foto: idntimes.com

Nama nya mungkin buat kalian sedikit bingung ya? Museum ini berlokasi di Jl. Sultan Iskandar Muda, Sukaramai, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh dan dibuka pukul 09:00. Museum ini didirikan pada tahun 2009 dan museum ini adalah monumen simbolis juga sebagai pusat pendidikan bencana dan tempat perlindungan darurat.

Oh ya, museum ini dirancang oleh arsitek asal Bandung lho, yaitu Bapak Ridwan Kamil. Luar biasa, bukan? Nah ada koleksinya pun yang tak jauh dari kata ‘bencama’. Koleksi museum ini meliputi simulasi elektronik¬†gempa bumi dan tsunami Samudra Hindia 2004, serta foto korban dan kisah yang disampaikan korban selamat.

2. Museum Aceh

Foto: indonesiakaya.com

Lokasinya di Jl. Sultan Mahmudsyah No.10, Peuniti, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh dan buka pada pukul 08:30. Museum ini banyak sekali sejarahnya, dari zaman Tsunami Aceh pun sudah meninggalkan banyak sejarah, dan kini terdapat museumnya.

Nah museum ini memiliki koleksi dari zaman pra sejarah lho. Museum ini mengoleksi seperti peralatan untuk bertani, perkakas, peralatan rumah tangga, senjata dan lainnya.

3. Museum PLTD Apung.

Foto: liputan6.com

Museum ini terletak di Punge Blang Cut, Kec. Jaya Baru, Kota Banda Aceh, Aceh dan buka pukul 09:00. Kamu harus tau, museum ini adalah saksi ketika Tsunami Aceh terjadi dan dari namanya sudah tertebak bahwa ini adalah sebuah kapal sumber tenaga listrik. Saat ini, area sekitar PLTD Apung telah dibeli oleh pemerintah untuk ditata ulang menjadi wahana wisata edukasi. Dan juga dibuatkan momentum peringatan untuk para korban bencana Tsunami Aceh 2004.

Baca Juga: Museum di Jogja yang asik banget bila dikunjungi 

4. Museum negeri Aceh.

Foto: abulyatama.ac.id

Museum ini bertempat di Jl. Sultan Mahmudsyah No.10, Peuniti, Kec. Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Aceh dan buka pukul 08:30. Museum ini didirikan pada masa pemerintahan Hindia Belanda, yang diresmikan oleh Gubernur Sipil pada tanggal 31 Juli 1915.

Setelah Indonesia merdeka, Museum Aceh menjadi milik Pemerintah Daerah Aceh yang diserahkan kepada Pemerintah daerah Tingkat II Banda Aceh.

5. Museum Islam Samudra Pasai.

Foto:lintasaje.com

Museum ini terletak di Beuringen, Samudera, Kabupaten Aceh Utara, Aceh dan buka pada pukul 08:00. Museum ini sudah difungsikan sejak Juni tahun 2017 juga museum ini memiliki 250 koleksi yang ga kalah keren dari museum lainnya, walaupun koleksi nya tak sebanyak museum lain, tapi tidak akan mengecewakan

Gimana nih apakah kalian tertarik untuk pergi ke Aceh melihat Museum nya? Kira-kira museum mana nih yang buat kamu tertarik dan ingin segera kesana? Jangan lupa ajak keluargamu untuk ikut pergi ke museum dan lihat seberapa indahnya museum-museum di Aceh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *