5 Pakaian Adat Jawa Tengah

Posted on

Indonesia yang sudah dikenal sebagai negara yang besar dan menduduki posisi keempat di duni sebagai negara yang padat penduduk. Tak ayal jika Indonesia ini terbagi atas ribuan daerah yang memiliki budayanya masing-masing.

Pakaian adat adalah salah satu jenis budaya warisan nenek moyang Indonesia, yang memiliki ciri khas dan karakteristik yang berbeda di setiap daerahnya. Selain itu, pakaian adat ini dibuat dari bahan yang tidak sembarangan.

Sampai saat ini, sudah jarang kaum milenial yang mengenal akan budaya Indonesia terutama pakaian adatnya. Sudah sangat jarang sekali orang yang masih menggunakan pakaian adat, karena yang dulu dipakai sehari-hari sekarang beralih fungsi sebagai warisan budaya yang patut dijaga.

Nah, berikut ini kami akan membahas beberapa pakaian adat dari Jawa Tengah yang terkenal karena Jawa adalah salah satu pulau terbesar di Indonesia dan memiliki banyak pengaru terhadap Indonesia.

1. Batik

Foto by jualbatiktulis-asli.blogspot.com

Kalian masih ingat bahwa angklung yang merupakan salah satu jenis alat musik tradisional Jawa Barat yang diakui oleh UNESCO. Nah kali ini, salah satu budaya dari Jawa Tengah juga diakui oleh UNESCO.

Yang tak lain dan tak bukan adalah batik. Kalian pasti sudah familiar bukan dengan batik? nah batik ini merupakan salah satu pakaian adat asal Jawa Tengah yang sangat populer bahkan sampai ke tingkat Internasional.

Di Indonesia sendiri, setiap tanggal 2 Oktober diwajibkan untuk menggunakan batik loh baik yang sekolah maupun yang bekerja. Terus pakai batik dan lestarikan batik yah jangan sampai dicuri oleh negara tetangga hihi.

Baca juga : Pakaian Adat Maluku

2. Kebaya

Foto by gpswisataindonesia.info

Nah pakaian adat yang kedua ini juga pasti kamu sudah sering mendengar dong? Pakaian yang dipakai oleh kaum wanita yang terbuat dari kain tipis yang dipadukan dengan batik, songket, dan sarung.

Kebaya ini adalah salah satu saksi bisu dari perkembangan Indonesia dari jaman kerajaan hingga sekarang. Seiring berkembangnya jaman, tak membuat kebaya dilupakan oleh orang Indonesia.

Namun, sudah banyak model kebaya yang menyesuaikan fashion modern seperti sekarang, jadi campuran antara tradisional dan modern gitu. Nah kebaya ini pasti sering kamu temukan di acara-acara formal seperti acara pernikahan.

3. Surjan

Foto by bp-guide.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *