5 Legenda dari Jawa Tengah

Posted on

Rakyat Indonesia, mungkin sudah tidak asing lagi dengan namanya legenda, atau cerita turun temurun dari nenek moyang kita. Sudah banyak legenda yang pernah kita dengar dan masing-masing cerita memiliki amanatnya masing-masing.

Kali ini, kita akan mengupas 5 legenda di Jawa Tengah yang jarang orang lihat. Dari pada penasaran, yuk kita langsung aja melihat beberapa legenda dari Jawa Tengah berikut ini.

1. Legenda Asal Usul Kawah Sikidang Dieng

Foto by lucubux.com

Apakah kalian pernah mengunjungi kawah sikidang dieng ini? Katanya, kawah ini bisa berpindah dalam satu kawasan luas yang menjadikan kawah ini populer dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Dan orang-orang di sekitar Dieng memiliki rambut gimbal. Apakah betul? Beginilah legendanya.

Dulu ada seorang putri cantik bernama Shinto Dewi. Tetapi tidak ada lelaki yang dapat menikahinya karena mas kawin yang diminta cukuplah banyak. Suatu hari ada beberapa pengawal utusan seorang pangeran bernama pangeran Sikidang datang melamar.

Lamaran tersebut diterima, tapi di hari pernikahan Shinto Dewi ingin membatalkan pernikahannya karena pangeran Sikidang merupakan manusia berkepala rusa. Shinto Dewi mengajukan syarat untuk membuat sumur dalam waktu satu malam.

Pangeran Sikidang menyetujui persyaratan tersebut, tapi saat akan menyelesaikan sumur itu, Pangeran Sikidang ditimbun oleh tanah oleh pengawal Shinto Dewi yang menyebabkan Pangeran Sikidang tewas.

Namun sebelum tewas, Pangeran Sikidang mengutuk bahwa setiap keturunan Shinto Dewi akan memiliki rambut gimbal. Dan katanya orang-orang Dieng memiliki rambut yang gimbal, apakah benar dari legenda ini?

2. Legenda Gunung Wurung

Di daerah Kebumen, Jawa Tengah, terdapat satu gunung yang cukup unik karena tidak memiliki puncak tertinggi. Konon katanya di suatu daerah di Jawa Tengah hanya merupakan daerah yang datar dan tidak memiliki bukit sama sekali.

Oleh karena itu para sesepuh berdoa pada dewa kahyangan untuk membuatkan gunung di daerah tersebut. Ternyata, para dewa menyanggupi tapi dengan syarat tidak boleh ada yang melihat para dewa saat membuat gunung tersebut.

Setelah itu para sesepuh memberitahukan kepada masyarakat. Dan di hari itu, sejak sore tiba daerah itu menjadi sepi karena masyarakat tidak ada yang berani keluar. Setelah malam tiba, para dewa mengerjakan gunung tersebut.

Hingga pada akhirnya sedikit lagi selesai dan sebentar lagi matahari terbit, ada seorang gadis yang datang ke sungai dekat gunung tersebut dibuat untuk mencuci beras. Dia kaget karena melihat banyak sosok hitam mengerikan yang membawa batu besar seperti sedang membuat pegunungan.

Gadis tersebut teriak meminta pertolongan dan para dewa menyadarinya tak menunggu lama para dewa pergi dan tidak menyelesaikan pekerjaannya. Gadis tersebut lari tanpa mempedulikan berasnya yang terjatuh.

Konon katanya, beras yang jatuh tersebut berubah menjadi batu-batu di sekitar gunung. Oleh karena itu di dekat gunung wurung banyak batu yang berbentuk seperti beras.

3. Legenda Asal Usul Gunung Merapi

Foto by agathanicole.blogspot.com

Siapa yang tak mengenal gunung merapi? Salah satu gunung yang masih aktif dan sudah beberapa kali meletus ini. Dengan ketenaran gunung ini, ternyata terdapat sebuah legenda di balik gagahnya gunung merapi ini.

Dikisahkan dulu, pulau Jawa merupakan sebuah pulau yang luas namun hanya terdiri dari tanah datar saja. Oleh karena itu para dewa ingin memindahkan sebuah gunung yang bernama gunung Jamurdipa ke suatu daerah di pulau Jawa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *