3 Pakaian Adat Sunda

Posted on

Salah satu suku yang cukup terkenal di Indonesia adalah suku sunda. Orang-orang sunda yang memiliki ciri khas ramah dan humoris. Selain itu, sunda juga memiliki kebudayaan yang cukup banyak. Contohnya saja tarian yang terkenal adalah jaipong.

Selain tarian, sunda juga memiliki beberapa lagu khas juga. Bahkan di acara pernikahan, ada pakaian dan aksesoris khusus yang mencirikan adat sunda. Bahkan dari kalangan artis pun banyak yang memakai adat sunda.

Berhubungan dengan pakaian adat sunda di pernikahan, sunda juga memiliki pakaian adatnya sendiri, dahulu pakaian adat di sunda ini didasarkan oleh kasta atau tingkatan masyarakat, yaitu kalangan bawah, menengah hingga bangsawan.

Nah berikut pakaian adat yang dimiliki oleh suku sunda.

1. Pakaian adat sunda kalangan bawah

Foto by inspirilo.com

Pakaian adat yang pertama ini bisa kamu lihat di film Si Kabayan loh. Terlihat ciri khas nya untuk pria yang menggunakan celana komprang, baju salontreng dan ikat logen yang dijadikan penutup kepala.

Baju selontreng biasanya dikombinasikan dengan sarung poleng yang digantungkan menyilang badan. Untuk alas kaki, biasanya menggunakan sandal kayu.

Sedangkan untuk wanitanya, menggunakan sinjang bunjel (batik panjang yang digunakan sebagai bawahan), ikat pinggang, kamisol (berfungsi sebagai pakaian dalam), baju kebaya dan selendang.

Tak lupa untuk menggunakan gelang akar bahas, cincin polos atau ali meneng dan pelenis suweng (anting berbentuk bulat), semua digunakan untuk dijadikan aksesoris tambahan. Sedangkan untuk alas kaki menggunakan sandal jepit.

Baca juga : Keunikan Orang Sunda

2. Pakaian adat sunda kalangan menengah

Foto by budayajawa.id

Kaum menengah di sini merupakan mereka yang para pedagang dan saudagar, atau bagi mereka yang memiliki kekayaan namun tak memiliki darah bangsawan. Pakaian adat sunda menengah ini yang paling sering digunakan saat ini.

Untuk kaum pria biasanya menggunakan jas takwa, bawahan kain batik, sandal terompah, beubeur atau ikat pinggang, dan ikat kepala. Arlogi emas berantai yang digantungkan disaku baju merupakan aksesoris yang biasa digunakan kaum pria.

Untuk kaum wanita biaanya menggunakan kebaya, bawahan batik, beubeur, selendang dan beralas kaki selop. Aksesoris yang digunakan biasanya kalung, gelang, anting, cincin dari emas atau perak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *