Yuk Lebih Kenal Suku Batak! Ini Loh Alat Musiknya

Posted on

Siapa yang tidak tau tentang kisah danau toba? Kisah yang cukup melegenda dan telah menjadi buah bibir masyarakat bahkan sudah diangkat ceritanya untuk ditayangkan di televise, tak hanya sekali mungkin kita sudah bosan menontonnya yah.

Tapi kita di sini bukan untuk membahas danau tobanya, tapi ada salah satu suku yang cukup menarik di Sumatera Utara ini. Yaitu suku Batak dan salah satu etnisnya yaitu Batak Toba. Kita akan coba lebih mengenal lebih dalam.

Tak harus berkunjung ke sana, kita cukup berselancar informasi saja di sini. Nah berikut adalah 5 alat musik khas dari suku Batak.

 

1. Taganing

Foto by ragambudayabatak.wordpress.com

Alat musik yang pertama ini dimainkan dengan cara dipukul membrannya dengan memakai sebuah pemukul atau disebut juga palupalu atau stik. Taganing ini berfungsi sebagai pembawa melodi dan ritern variable dalam lagu.

Taganing ini merupakan drum yang terdiri dari 5 buah gendang yang digangung pad arak dan bentuknya sama seperti gordang tapi taganing ini terdiri dari beberapa macam ukuran.

 

2. Gondang

Gondang atau disebut juga dengan gordang. Telah disinggung sebelumnya bahwa gondang dan taganing memiliki kesamaan. Bedanya jika taganing terdiri dari beberapa macam ukuran (bukan drum single) sedangkan gondang ini merupakan drum single.

Gondang ini sebenarnya memiliki ukuran lebih besar dari taganing dan digunakan sebagai pembawa ritern konstan dan ritern variable. Gondang ini terbuat dari kayu dan dimainkan dengan cara dipukul.

 

Baca juga : Tradisi Aneh di Indonesia

3. Panggora

Foto by macamalatmusik.blogspot.com

Alat musik yang ketiga ini lagi-lagi mirip dengan salah satu alat music dari Jawa, yah bukan tak lain dan tak bukan yaitu gong. Tapi hanya dari bentuk saja yah yang sama. Namun panggora ini memiliki bunyi yang berbeda dengan gong.

Panggora ini dimainkan dengan cara dipukul menggunakan stik dan pinggirannya dipegang oleh tangan untuk meredamnya. Mungkin tidak sebesar gong besar, pangora ini biasanya memiliki diameter 37 cm dan ketebalan 6 cm.

 

4. Garantung

Foto by silontong.com

Garantung ini merupakan alat musik yang memiliki lima bilah nada yang terbuat dari kayu. Permanan alat musik ini digunakan untuk pembawa melodi, pembawa ritern variable, dengan dimainkan dengan cara memukul 5 bilah nada itu.

Garantung ini dimainkan dengan menggunakan dua stik dengan menggunakan kedua tangan. Tangan kanan untuk memukul bagian tangkai dan wilahan garantung, sedangkan tangan kiri untuk pembawa melodi dan ritme.

 

Baca juga : Alat Musik Indonesia yang Mendunia

5. Sarune Bolon

Alat musik yang terakhir ini lebih unik dari yang lainnya, karena alat musik yang satu ini terbuat dari kayu, tandung kerbau dan kayu arung sebagai sumber suaranya. Sarune Bolon dimainkan dengan cara ditiup.

Dengan cara menarik nafas tetapi tanpa menghentikan suara Sarune tersebut. Cukup rumit yah, apakah kamu ingin mencoba memainkannya? Dan tak ketinggalan, alat musik ini digunakan sebagai pembawa melodi dan pembawa lagu dalam Gondang Batak.

 

Sekian, itu beberapa alat musik yang berasal dari suku Batak di Kalimantan, mungkin tak banyak yang tau, apalagi bagi kaum milenial. Bukannya tak tau tapi malah acuh, kita bisa mengetahui dan menambah wawasan dari sini.

Tak hanya mengetahui, kita bisa mempelajari, mengakui dan mempertahankan kebudayaan kita salah satunya alat musik yang berasal dari tanah suku Batak ini. Jangan sampai semua ciri khas itu tertelan oleh teknologi yang semakin canggih.

 

Sumber:

https://www.silontong.com/2018/05/06/alat-musik-tradisional-batak-toba/#

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *