Pakaian Adat Lampung

Posted on

Lampung yang merupakan ibukota provinsi dari Bandar Lampung. Yang memiliki ciri khas masyarakat heterogen karena pada masa lalunya, lampung merupakan salah satu tujuan transmigrasi dari pulau Jawa.

Walaupun dengan masyarakat yang heterogen, yang menjadikan kota pisang ini berbeda dengan daerah lain karena Lampung juga memiliki beberapa kebudayaan yang masih terjaga seperti pakaian adatnya.

Pakaian adat lampung yang dikenal dengan eksotis dan memiliki nilai yang berpadu dengan nilai agama dikenal dengan nama Tulang Bawang. Nah berikut adalah ciri khas dari pakaian adat kota pisang ini.

Baca juga : Pakaian Adat Sunda

1. Pakaian Adat Lampung Untuk Laki-laki

Foto by rivorma.com

Pakaian adat Lampung bagi kaum laki-laki biasanya mengenakan baju lengan panjang berwarna putih, celana hitam yang dipadukan dengan sarung tumpal (sarung yang ditenun dengan benang emas, dan merupakan ciri khas dari Lampung.).

Selain itu, tak lupa menambahkan sesapurah dan khika akhir. Dimana khikat akhir merupakan selendang bujur yang dipakai untuk menutupi bahu dengan melingkar di sekitar pundak.

Dan untuk menambah nilai karismatik dari pakaian adat Lampung Laki-laki ini biasanya ditambahkan dengan beberapa perhiasan atau pernak-pernik. Nah berikut beberapa pernak-pernik yang biasanya ditambahkan pada pakaian adat laki-laki dari Lampung.

a. Kalung Papan Jajar

Aksesoris yang pertama ini memiliki 3 gantungan yang memiliki arti bahwa suatu kehidupan baru akan diwariskan dan dijalankan secara turun temurun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *