5 Museum yang Wajib Kamu Kunjungi di Jakarta

Posted on

Ibukota Indonesia selalu menyimpan banyak cerita. Setiap cerita yang terekam dan diabadikan di sebuah tempat dan kita sebagai generasi muda bisa melihat cerita itu dan mempelajarinya. Ya, apalagi kalau bukan museum.

Di tempat ini kamu bisa mempelajari dan tahu tentang sejarah atau bahkan hal-hal unik yang belum kamu ketahui tentang benda di sekitarmu. Ini dia 5 museum di Jakarta yang wajib kamu kunjungi untuk mengisi liburan akhir pekanmu.

 

1. Museum Taman Prasasti

Foto by travel.tribunnews.com

Museum Taman Prasasti mungkin akan menjadi tempat seram sekaligus menarik bagi sebagian orang. Karena museum yang terletak di Jalan Tanah Abang ini sebelumnya adalah area pemakaman elite di masa pemerintahan Belanda.

Koleksinya pun tidak kalah seram, di sini terdapat koleksi batu nisan sampai peti jenazah yang pernah digunakan untuk membawa jenazah Presiden pertama Indonesia beserta Wakilnya. Dan di museum ini kamu akan menemukan sebuah lonceng.

Lonceng tersebut dulunya dibunyikan sebagai tanda ada orang yang meninggal akan dimakamkan di tempat ini. Di museum ini ternyata menjadi tempat peristirahatan terakhir dari beberapa tokoh bersejarah seperti Olivia Raffles yang merupakan istri dari Thomas Raffles.

 

2. Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Jika kamu masih penasaran dan ingin mempelajari lebih tentang perumusah teks proklamasi, museum yang satu ini adalah jawaban yang tepat. Kamu bisa mengunjungi museum yang terletak di sebelah gedung Bappenas ini.

Gedung museum ini dulunya adalah kantor pemerintahan di masa kolonial sehingga kamu selain mencari informasi lengkap tentang proklamasi kamu juga bisa datang ke taman belakang museum yang ternyata terdapat sebuah bunker bawah tanah.

Bunker tersebut dulunya digunakan sebagai tempat persembunyian dari serangan musuh. Namun, saying sekali beberapa bagian jalan tembusan bunker telah ditutup.

 

3. Museum Hakka Indonesia

Foto by tribunnews.com

Di Indonesia sejak jaman dulu memang banyak bangsa pendatang dari berbagai penjuru dunia. Salah satunya ialah bangsa Tionghoa. Hingga ada sebuah museum yang menyuguhkan berbagai informasi tentang bangsa Tionghoa yang berada di Indonesia.

Hakka sendiri berarti tamu. Di museum yang terletak di Taman Mini Indonesia Indah, kamu bisa melihat berbagai koleksi peralatan rumah tangga khas suku Han (dikenal dengan kemahiran dalam meracik obat) jaman dulu seperti toples, botol, yang digunakan untuk meracik obat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *