5 Baju Daerah Khas Jawa

Posted on

Berbicara mengenai Jawa, memang kita selalu disuguhkan dengan adat-istiadat yang unik dan memang hampir dari seluruh masyarakat Indonesia berdarah Jawa. Jawa sendiri disini terbagi menjadi tiga, yaitu Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur.

Meskipun terbagi menjadi 3 wilayah, namun adat istiadat dan juga budaya nya hampir sama. Sama halnya dengan baju atau pakaian adat. Pakaian adat Jawa kini sudah berkembang dan digunakan dalam berbagai kesempatan baik formal maupun kasual.

Bahkan para desainer juga merancang baju tradisional menjadi baju yang sesuai dengan perkembangan fashion saat ini. Sehingga, anak muda tidak lagi mempermasalahkan memakai baju yang dianggap tradisional atau ketinggalan zaman, karena memang sudah dirancang dengan sekreatif mungkin.

Nah, berikut adalah beberapa baju khas Jawa

1. Kebaya

sumber-dream.co.id

Kamu sudah sering dong ya melihat Kebaya model begini. Ya, itu adalah kebaya khas Jawa. Bahannya sendiri bisa dipadukan dengan kain batik, sarung, atau juga songket. Modelnya bisa dibuat seperti tunik, blus, atau atasan tradisional seperti pada gambar diatas.

Dulu, kebaya hanya dipakai untuk acara yang sangat sakral seperti pernikahan, atau acara adat. Namun sekarang kebaya seperti ini banyak diminati oleh kaum muda dan bisa digunakan pada acara apa saja.

Bahkan dulu kebaya ini identik dengan ibu-ibu atau nenek-nenek. Karena memang kebaya model ini sering digunakan oleh ibu-ibu zaman dahulu. Namun lihatlah, seiring perkembangan zaman kini remaja tidak malu lagi mengenakan pakaian seperti ini. Karena memang sekarang malah sedang nge hits.

2. Jawi Jangkep

sumber-informasibudayajawa.com

Jawi Jangkep merupakan pakaian khas Jawa Tengah. Jawi Jangkep ini biasanya digunkakan oleh pria, seperti kebaya yang umunmya digunakan oleh wanita. Biasanya Jawi Jangkep dikenakan pada saat acara seperti pernikahan, atau acara adat yang formal.

Untuk aksesoris tambahannya juga seperti penutup kepala, epek, timang, dan lerep yang merupakan sejenis ikat pinggang, wangkinan atau keris, dan canilan sebagai alas kaki.

Kamu pasti juga sering melihat pengantin pria mengenakan pakai tersebut seperti pada gambar diatas. Penampilan pengantin pria semakin terlihat gagah ketika memakai baju tersebut.

Baca juga : Pakaian adat Sumatera yang unik

3. Batik

sumber-tokopedia.com
Gravatar Image
Hidup adalah ujian, namun bagaimana cara kita menyelesaikan ujian itulah yang paling penting. Saatnya hidupkan lilin daripada memaki kegelapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *