5 Alat Musik Khas Bugis

Posted on

Setelah membahas tarian khas bugis, kali ini kita akan membahas tentang alat musik khas dari suku bugis. Seperti tak ada habisnya yah jika membahas kebudayaan Indonesia. Kebudayaan dari satu daerah aja bisa panjang banget.

Tapi, itulah Indonesia yang terbagi akan banyak daerah dan suku dari Sabang sampai Merauke, dan masing-masing daerah pasti memiliki ciri khas masing-masing. Terbayang begitu banyaknya kebudayaan yang dimiliki Indonesia.

Seperti semboyan kita, Bhineka Tunggal Ika, walau berbeda Indonesia adalah satu. Dan bagi kita anak bangsa, tak salah jika mempelajari tentang kebudayaan dari daerah-daerah Indonesia, yang salah satunya akan kita bahas sekarang yaitu alat musik khas dari suku bugis.

Tak perlu berlama-lama, ini dia 5 alat musik khas dari suku bugis.

1. Sinrili

Foto by makassar.terkini.id

Bagi kalian pecinta musik, pasti mengenal dengan alat musik yang bernama biola. Hampir sama seperti biola, namun sinrili memiliki bentuk yang kecil dan tidak dimainkan dengan disenderkan ke pundak melainkan dimainkan sambil duduk bersila.

Pemain dari alat musik ini terbilang cukup unik karena menggunakan pakaian tradisional. Hal tersebut bertujuan agar semakin menguatkan nilai budaya dan adat yang ada pada sinrili. Nada sinrili memang jarang terdengar oleh kalangan anak sekarang padahal alat musik ini memiliki nilai budaya yang cukup besar.

Dulu, sinrili digunakan dalam upacara rakyat dan kerajaan, bisa dijadikan sebagai hiburan, dan pesan moral yang disampaikan pun cukup bermakna tinggi. Alat musik ini cukup sederhana karena terbuat dari kayu yang dilenkapi dengan kulit kambing dan tiga senar dari kuningan.

2. Kecapi

Foto by dreamstime.com

Nama alat musik yang kedua ini mungkin cukup familiar, tapi alat musik yang dimainkan dengan cara digesek yang berasal dari suku bugis seperti kecapi ini yang menurut sejarah ditemukan oleh seorang pelaut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *