5 Alat Musik Khas Dayak, No.2 Kamu Pasti Tau

Posted on

Yap, kita masih membahas suku Dayak. Setelah membahas tariannya tak lengkap rasanya jika tak membahas musik yang mengiringinya. Dan musik itu dihasilkan oleh alat musik yang dimainkan. Jadi kira-kira apa aja yang alat musik dari suku Dayak ini.

Kamu pasti mengetahui beberapa macam dari alat musik suku Dayak ini. Mungkin berbeda nama, tapi dari bentuk dan cara memainkannya mungkin kamu telah mengenal salah satu alat music di bawah ini.

Nah berikut alat-alat musik khas dari suku Dayak.

 

1. Sapek

Foto by pinterest.com

Sapek merupakan alat musik aliran dawai di masyarakat suku Dayak di Kalimantan. Tak hanya Indonesia loh, ternyata alat musik ini juga ada di Brunei dan Malaysia. Alat musik yang pertama ini bentuknya memang mirip seperti gitar namun memiliki leher yang lebih pendek.

Berbeda dengan gitar, sapek ini memiliki nada yang cukup sedikit yatu 2-3 nada dan lasar terpasang di bagian tubuhnya. Uniknya lasar ini dapat dipindah-pindah karena tidak permanen seperti gitar. Apakah kamu ingin coba memainkannya?

 

2. Agukng

Foto by mbahdinan.com

Alat musik yang kedua ini sudah tak aneh lagi bagi orang Jawad an sekitarnya. Yap, bentuknya sangat mirip seperti gong yah. Dan memainkannya pun sama seperti gong yaitu dipukul, tapi di Kalimantan, alat music ini cukup dianggap sakral loh.

Agukng ini terdapat di seluruk kelompok Dayak yang diyakini telah diturunkan oleh dewa untuk dimainkan dalam sebuah upacara. Dan alat musiini juga konon katanya bisa digunakan untuk memanggil roh para leluhur dan mengusir roh jahat. Kamu mau coba?

 

Baca juga : Alat Musik dari Jawa

3. Entebong

Foto by rumahulin.com

Nah yang ketiga ini juga sebenarnya mirip dengan salah satu alat musik di Jawa loh. Yaitu kendang atau gendang. Yah alat musik yang terbuat dari kayu serta kulit binatang ini dikenal juga di Kalimantan dengan nama entebong.

Entebong ini bentuknya memang sangat mirip dengan kendang dan cara memainkannya pun sama yatu dengan dipukul. Tapi alat musii ini terdapat di Kabupaten Sekadau yang asli dibuat oleh tangan para suku Dayak. Walau sama tapi punya ciri khas sendiri juga yah.

 

4. Kecapi

Yang selanjutnya, udah ga aneh lagi dong namanya, kecapi ini merupakan alat musik tradisional yang berasal dari Kalimantan Tengah dengan memiliki bentuk dan fungsi yang sama dengan alat musik suku Dayak lain di Kalimantan Barat, Utara, Maupun Timur.

Tapi kecapi dari Kalimantan Tengah ini memiliki ciri khas sendiri untuk membedakan dengan alat musik sampek. Permainan kecapi ini biasanya diiringi oleh gong, gendang, suling maupun rebab. Bahkan bisa juga diiringi oleh nyanyian. Sudah seperti siap untuk buat grup band tradisional yah hihi.

 

Baca juga : Lagu Daerah Asal Sunda

5. Sarun

Seperti pernah terdengar yah namanya, tak perlu jauh-jauh, Jawa punya Saron Kalimantan punya Sarun. Yap alat musik yang terakhir ini juga memiliki kemiripan seperti Saron. Sarun yang terbuat dari besi atau logam.

Walau keduanya tampak sama, tapi mereka berdua berbeda loh. Sarun ini hanya memiliki 5 lempengan logam dengan nada Do, Re, Mi, Fa, So, dan La. Tak ada Si, yah itulah ciri khasnya.

 

Nah segitu aja yah alat musik dari suku dayaknya, sebenarnya memang masih banyak. Kalau ada waktu lain pasti kita akan sambung lagi yah. Walau beberapa alat musik di atas memiliki persamaan dengan pulau lain. Mereka hanya mirip tapi berbeda yah karena masing-masing memiliki ciri khas nya masing-masing.

 

Sumber:

https://www.google.com/amp/s/ibnuasmara.com/alat-musik-tradisional-2/amp/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *