5 Alat Musik Khas Betawi

Posted on

Hai hai hallo, kali ini kita akan bahas apa aja sih alat musik khas Betawi. Sebelumnya aku udah nulis artikel tentang Wisata Sejarah di Jakarta. Nah, bagi kamu yang ingin berkunjung ke Jakarta, silahkan baca artikel aku yaa.

Sekarang, kita akan bahas mengenai alat musik khas Betawi yang seharusnya kamu ketahui.

1. Gambang Kromong

sumber-lily1zimry.blogspot.com

Yang pertama ada Gambang Kromong. Dikutip dari Wikipedia, Gambang Kromong adalah alat musik sejenis orkes yang memadukan gamelan dengan alat-alat musik Tionghoa seperti sukong, theyan, dan kongahyan.

Ada keunikan tersendiri dari alat musik yang satu ini, yaitu pertunjukannya yang bernama Tradisi Cina Benteng. Mungkin karena alat musiknya ada campuran dengan alat musik Tionghoa, maka nama pertunjukannya pun seperti itu.

Pertunjukan tradisional dan alat musik itu masih digunakan sampai sekarang. Meskipun zaman sudah berkembang, tapi tetap saja namanya budaya harus dilestarikan dan kalau bukan kita siapa lagi?

Nah, Gambang Kromong ini juga dijadikan sebagai saksi sejarah dan digunakan dalam acara-acara tertentu.

2. Tanjidor

sumber-indonesiakaya.com

Tanjidor? sepertinya aku penah denger loh. Nah, mungkin dalam hati kamu berbicara seperti itu ya gaes. Karena kata Tanjidor sepertinya sudah sangat sering diucapkan dan pastinya sudah tidak asing lagi.

Bentuknya seperti terompet dengan ukuran yang lebih besar. Biasanya tanjidor dimainkan bersamaan dengan alat musik lainnya seperti baritone, tuba, teormpet, quarto dan masih banyak lagi.

Kalau dulu, tanjidor hanya dimainkan untuk penghibur diri masyarakat Betawi saat bekerja, namun sekarang penggunaannya sudah  mulai sering, tak hanya sebagai penghibur masyarakat Betawi yang sedang bekerja saja.

Baca juga : Tempat Wisata Sejarah di Solo

3. Gendang

sumber-duniakesenian.com

Semua pasti tau lah ya kalau gendang itu ditabuh. Jangan bilang kalau gendang ditiup wkwkw. Nah, nama gendang sendiri sudah sering kita dengar terlebih lagi pada acara dangdut seperti itu.

Gendang tidak pernah absen sebagai alat musik yang digunakan saat pertunjukan musik tradisional. Kamu pasti mengira kalau gendang berasal dari Jawa kan? Ya, memang banyak yang tidak tahu kalau sebenarnya gendang berasal dari Betawi.

4. Gong

sumber-id.wikipedia.org

Gong adalah alat musik khas Betawi yang dimainkan dengan cara dipukul pada sisi yang menonjol di permukaan depan. Alat musik ini sering kita temukan bersamaan dengan gendang dan  Gambang Kromong.

Gong merupakan alat musik tradisional yang harus dilestarikan, namun sekarang sedikit sekali yang menjadi pengrajin gong.

Gong yang telah ditempa belum dapat ditentukan nadanya. Nada gong baru terbentuk setelah dibilas dan dibersihkan. Apabila nadanya masih belum sesuai, gong dikerok sehingga lapisan perunggunya menjadi lebih tipis.

Suara gong yang unik menjadikannya digunakan pada acara perkawinan dengan tema adat Jawa. Ada banyak sekali jenis Gong, seperti Gong Kempul, Gong Agen, Bonang, Kulintan dan masih banyak lagi.

5. Kemong

sumber-sampelalatmusik.blogspot.com

Dilihat dari foto, indah sekali ya alat musik yang satu ini. Secara fisik, bentuknya hampir sama seperti gong. Bedanya adalah ukuran kemong lebih kecil dan berjumlah banyak dalam satu barisnya.

Cara memainkannya mudah saja, yaitu hanya dipukul menggunakan tongkat yang ujungnya sudah diberi pelapis berupa kain atau karet. Biasanya kemong ini dimainkan saat ada pertunjukan musik atau dalam perayaan khusus orang Betawi.

 

Nah, itu tadi beberapa alat musik Kash Betawi. Kalau kamu tau alat musik khas Betawi yang lainnya, silahkan komen ya hehee..

 

Sumber:

Gravatar Image
Hidup adalah ujian, namun bagaimana cara kita menyelesaikan ujian itulah yang paling penting. Saatnya hidupkan lilin daripada memaki kegelapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *