Yuk Kita Nonton 5 Film Kemerdekaan Indonesia

Posted on

Kita sebagai warga Indonesia mendapat asupan tentang kemerdekaan dan nilai-nilai yang terkandungnya pasti didapat dari pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu banyak dari kita yang lupa atau bahkan tidak mengerti peristiwa-peristiwa mengenai kemerdekaan Indonesia.

Tapi, sekarang sudah banyak film-film yang mengangkat kisah dalam peristiwa kemerdekaan Indonesia. Apalagi bagi pecinta film, film tentang kemerdekaan cocok untuk ditonton saat menjelang kemerdekaan..

Kisah perjuangan para pahlawan bisa disajikan dengan lebih menarik tanpa harus mengurangi pesan di dalamnya. Dan film tentang kemerdekaan ini cocok untuk semua kalangan. Nah berikut ini adalah beberapa film tentang kemerdekaan Indonesia yang cocok untuk kamu tonton.

1. Perburuan (2019)

Foto by liputan6.com

Film yang pertama ini dirilis pada 15 Agustus 2019 di bioskop. Film ini diadaptasi dari sebuah novel karya dari Pramoedya Ananta Toer. Film ini dibintangi oleh Adipati DOlken, Ayushita, Ernest Samudra, Khiva Ishak dan Michael Kho.

Film ini mengisahkan tentang kegagalan PETA melawan Jepang. Kekalahan itu menyebabkan shodancho PETA Hardo terluka akibat perang kembali ke Blora, Jawa Tengah. Hardo tidak bisa berkeliaran bebas karena diburu oleh tentang Jepang.

Hardo memilih bersembunyi di hutan. Satu hari menjelang kemerdekaan Indonesia, terungkap rahasia pengkhianatan ayah tunangan Hardo serta Karmin yang merupakan sahabatnya terungkap perlawanan keras yang dilakukan oleh Dipo dan Kartiman.

2. Guru Bangsa : Tjokroaminoto (2015)

Foto by mojok.co

Oemar Said Tjokroaminoto yang lahir dari kaum bangsawan Jawa dengan latar belakang keislaman yang kuat, tidak diam melihat kondisi kemiskinan rakyat dan kesenjangan sosial selepas Tanah Paksa dan awal Politik Etis tahun 1900.

Ia mennggalkan status kebangsawanannya dan bekerja sebagai kuli pelabuhan. Tjokro berjuangan dengan membangun organisasi Sarekat Islam, organisasi resmi bumi putera perta terbesar. Perjuangan ini menjadi awal lahirnya toko dan gerakan kebangsaan.

Film ini dirilis pada tahun 2015 dengan disutradarai oleh Garin Nugroho dan dibintangi oleh Reza Rahardian, Christine Hakim, Didi Petet, Alex Komang, Egi Fedly, Sujiwo Tedjo, Maia Estianty dan lain-lain.

Baca juga : Makna Perlombaan 17 Agustus

3. Jendral Soedirman (2015)

Foto by soloevent.id

Film ini mengisahkan tentang seorang tokoh yang bernama Soedirman, seorang jenderal besar yang memimpin perang gerilya, mempertahankan kemerdekaan Indonesia walaupun dalam keadaan sakit parah.

Soedirman mengidap penyakit paru-paru dan hanya memiliki satu paru-paru. Walaupun dengan kondisi seperti itu Soedirman membuat Jawa menjadi medan perang yang luas dan membuat Belanda kehabisan logistik dan waktu.

TNI dan rakyat akhirnya memenangkan perang. Dengan ditandatangani Perjanjian Roem-Royen, Belanda mengakui kedaulatan RI. Film ini disutradari oleh Viva Westi dan dibintangi oleh Adipati Dolken, Ibnu Jamil, Mathias Muchus, Baim Wong dan Nugie.

4. Soekarno (2013)

Foto by kompasiana.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *