7 Tarian Adat Kalimantan Barat, Tampilan Unik dan Khas

Posted on

Kalimantan Barat dikenal sebagai salah satu provinsi terluas yang ada di Indonesia. Dengan luas wilayah yang besar menjadikan daerah di Kalimantan kaya akan nilai adat dan budaya dari ragam masyarakatnya. Tarian adat Kalimantan Barat sendiri memiliki tampilan unik dan khasnya tersendiri dibanding daerah lainnya.

Adat, budaya, dan kesenian yang mendominasi berasal dari dua suku besar di Kalimantan yaitu Suku Dayak dan Suku Melayu. Akan tetapi, saat sekarang ini terdapat juga beragam suku lain seperti Jawa, Sunda, Bugis dan lainya yang ikut memberikan corak kedalam kehidupan masyarakat Kalimantan Barat.

Terdapat beragam akulturasi budaya yang terjadi sehingga memberikan warna baru di Kalimantan. Tarian adat Dayak dan tarian bernuansa Melayu menjadi jenis tarian yang populer dan ikonik di Kalimantan Barat. Berikut ini tarian adat Kalimantan Barat dengan tampilan unik dan khas:

1. Tari Monong

Tarian Monong
Penari Tarian Monong | Foto: Kamerabudaya.com

Tarian Monong juga dikenal sebagai Tari Manang yang merupakan tarian khas ala Suku Dayak Kalimantan. Tarian ini juga merupakan salah satu tarian sakral dari para dukun Dayak yang membaca mantra dalam bahasa Dayak.

Tari sakral tersebut merupakan bagian dari upacara adat Dayak yaitu Bemanang atau Balian. Tujuan dari tarian dan upacara ini untuk menghilangkan dan menyembuhkan roh jahat yang membuat orang jatuh sakit, ditimpa kesialan, dan meninggal. Ciri tarian ini terlihat dari pakaian adat khas Suku Dayak.

2. Tari Kinyah Uut Danum

Tari Kinyah Uut Danum
Ilustrasi Tari Kinyah Uut Danum | Foto: Cintaindonesia.web.id

Tari Kinyah Uut Danum merupakan salah satu tarian perang Suku Dayak yang memperlihatkan ketangkasan, keberanian, dan teknik bela diri. Tari ini juga merupakan persiapan fisik para pria Suku Dayak sebelum mengayau.

Mengayau dalam adat Dayak merupakan sebuah tradisi zaman dahulu untuk berburu kepala musuh. Dalam tarian ini menggambarkan sikap waspada dan kelincahan yang dimiliki sub-suku Dayak Uut Danum.

Baju adat dan tameng menjadi ciri khas tarian ini dan senjata Mandau asli sebagai pelengkapnya. Tarian ini juga tergolong tarian yang cukup sulit dimainkan karena para penari yang sudah terlatih saja yang bisa menarikan tarian ini dengan lancar dan hati-hati.

Baca juga: Tarian Adat Banten

3. Tari Ajat Temuai Datai

Tari Ajat Temuai Datai
Ilustrasi Tari Ajat Temuai Datai | Foto:Blogkulo.com

Tari Ajat Temuai Datai diketahui sebagai tarian tradisional Kalimantan Barat yang khas dari Suku Dayak Iban. Istilah dan nama Ajat Temuai Datai berasal dari bahasa Dayak Mualang yang merupakan sub etnis atau kelompok dari Dayak Iban.

Tarian ini berfungsi sebagai tarian penyambut tamu-tamu penting karena dalam makna dan istilah, Ajat Temuai Datai berarti ucapan rasa syukur kepada Tuhan atas kedatangan para tamu di bumi Kalimantan.

4. Tari Pingan (Pinggan)

Tari Pinggan
Penampilan Penari Tari Pinggan, Tarian adat Kalimantan | Foto: Kebudayaan.kemdikbud.go.id
Gravatar Image
Perkenalkan saya Zafrul sebagai penulis atau kontributor dalam Takterlihat.com Semoga senang dan mendapat manfaat dari membaca tulisan saya. More about me : linkedin.com/in/zafroel/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *