7 Tarian Adat Jawa Barat dengan Nilai Seni Tinggi

Posted on

Tarian adat Jawa Barat memiliki banyak ragam dan bentuk yang berasal dari unsur adat dan budaya masyarakat. Jawa Barat sendiri merupakan salah satu provinsi di Pulau Jawa yang memiliki jumlah penduduk cukup banyak.

Dengan banyaknya jumlah penduduk maka, tidak heran lahirlah beragam budaya, adat, dan kesenian yang ada di Jawa Barat. Suku Sunda sebagai suku terbesar di wilayah ini banyak memberikan corak dan ciri khas dari ragam nilai yang ada di Jawa Barat.

Salah satu dari sekian banyak budaya yang memiliki nilai seni tinggi ialah tarian. Tarian adat Jawa Barat sendiri banyak menyerap nilai dari berbagai unsur budaya seperti Sunda, Jawa, Arab, Cina, dan India. Berikut daftar 7 tarian adat Jawa Barat:

1. Tari Jaipong

Tari Jaipong
Penari Tari Jaipong | Foto : Made-blog.com

Tarian Jaipong berasal dari daerah Bandung di Jawa Barat. Tarian bisa dikatakan menjadi salah satu tarian paling populer di Jawa bahkan Indonesia. Kesenian gerak satu telah ini menjadi salah satu identitas kesenian Jawa Barat.

Tari Jaipong memiliki gabungan dari beberapa unsur gerak yang ada pada Pencak Silat, Topeng Banjet, Wayang Golek, Tari Ketuk Tilu, dan kesenian daerah Karawang.

Tujuan dan fungsi kesenian ini untuk berbagai kegiatan yang berkaitan dengan penyambutan dan kebudayaan. Tarian ini telah menjelma menjadi tarian khas dan ikonik dari Jawa Barat dan mendapat apresiasi yang luas dari masyarakat Indonesia.

2. Tari Topeng

Tari Topeng
Penari Tari Topeng | Foto : Nationalgeographic.grid.id

Tari Topeng merupakan kesenian khas yang ikonik dari Cirebon. Tarian Topeng pada awalnya berkembang di wilayah Kesultanan Cirebon, Indramayu, Subang, Majalengka, Losari, Brebes, dan Jatibarang.

Tarian tersebut dimainkan oleh satu atau beberapa orang penari yang disebut ‘dalang’. Dalang memainkan karakter dari topeng yang ia pakai. Beberapa karakter topeng ialah Panji, Rumyang, Kelana, Samba, dan Patih yang disebut juga sebagai Topeng Panca Wanda.

Tari Topeng Cirebon menjadi salah satu tari topeng yang populer dan diakui secara budaya dan adat oleh masyarakat Jawa Barat.  Tarian ini memiliki gerak topeng yang khas dengan diiringi oleh musik gamelan.

3. Tari Wayang

Tari Wayang
Para Penari Tari Wayang Jawa Barat | Foto : Budayajawa.id

Jenis tari satu ini memiliki ciri khas dan erat kaitannya dengan budaya dan cerita Wayang. Oleh sebab itu, bentuk gerakan dan alur cerita yang dipentaskan oleh Tari Wayang menyesuaikan dengan penokohan dan jalan cerita dunia Wayang.

Pementasan Tari Wayang bisa terdiri dari satu orang penari, berpasangan, bahkan masal sesuai dengan pertunjukan yang akan dibawakan. Gerakan tarian ini pada umumnya berupa gerakan seperti sedang berkelahi atau berekspresi sesuai tema.

4. Tari Ketuk Tilu

Tari Ketuk Tilu
Penari Tari Ketuk Tilu | Foto : Kebudayaan.kemdikbud.go.id

Tarian Ketuk Tilu adalah salah satu bentuk tarian yang berasal dari tanah Sunda di Jawa Barat. Istilah nama ‘Tilu’ sendiri memiliki makna yang artinya tiga. Tilu juga merujuk pada tiga buah ketuk (suara) yang mengiringi tari ini.

Gravatar Image
Perkenalkan saya Zafrul sebagai penulis atau kontributor dalam Takterlihat.com Semoga senang dan mendapat manfaat dari membaca tulisan saya. More about me : linkedin.com/in/zafroel/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *