Rumah Adat Kalimantan Utara

Posted on

Hallo traveller kembali lagi di artikel saya yang seru dan pastinya menambah wawasan Anda. Kali ini saya akan membahas salah satu pulau terbesar di Indonesia yaitu Kalimantan.

Kalimantan adalah pulau terbesar di Indonesia yang sangat kaya akan budaya dan adat istiadat nya. Kalimantan Utara itu yang berbatasan dengan Negara Malaysia, wah tinggal melangkah sudah beda Negara ya … Nih Kalimantan Utara itu adalah provinsi yang paling muda di Indonesia dan sudah diresmikan lho oleh pemerintah pada tanggal 25 Oktober 2012.

salah satu ragam di Kalimantan itu ya rumah adatnya. Kalimantan juga sangat kaya akan upacara adat yang luar biasanya. Tapi disini kita akan bahas seputar rumah adat Kalimantan Utara ya.

Yuk simak penjelasan tentang rumah adat di Kalimantan Utara.

Rumah adat Kalimantan Utara ini lebih dikenal sebagai Rumah Baloy. Rumah Baloy ini adalah kebudayaan seni arsitektur dari masyarakat suku Tidung, di Kalimantan Utara. Nah, disuku Tidung ini memiliki budaya dan desain rumah adat sendiri lho, keren ya? Oh ya nih kamu harus tau juga, suku Tidung itu salah satu dari 420 suku Dayak yang ada di kepulauan Kalimantan.

Baca juga: 3 Pakaian Adat Sunda

Kalau diperhatikan dengan seksama, Rumah adat Baloy hampsi mirip dengan rumah adat di Kalimantan Timur. Rumah Baloy itu unik dan indah, sampai-sampai tidak dimiliki oleh provinsi yang lain, karena seperti tadi bahwa Rumah Baloy ini perpaduan dari suku Tidung nya.

Sumber: situsbudaya.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *