Kumpulan Mitos yang Tidak Terbukti Benar Secara Ilmiah

Posted on

Sebuah teori mengatakan bahwa mitos adalah catatan peristiwa sejarah yang dilebih-lebihkan dan dianggap benar oleh yang empunya cerita atau penganutnya. Tidak sedikit masyarakat yang percaya bahwa mitos itu akan benar-benar terjadi dalam  kehidupan kita, sehingga mereka  takut akan mendapatkan bala dikemudian hari jika tidak mempercayainya. Namun banyak mitos yang tidak terbukti kebenarannya secara ilmiah. Kamu penasaran apa saja mitos itu? Simak pembahasannya dibawah ini.

foto: halodoc.com
1. Saat menstruasi tidak boleh keramas, nanti sakit kepala

Saat menstruasi konon katanya pori-pori kepala kamu melebar, sehingga air yang masuk lewat kulit kepala akan membuat kepala kamu sakit. Tapi sampai sekarang, belum ada penelitian pasti mengenai pernyataan ini. Apa kamu tahan selama kurang lebih satu minggu tidak keramas? duh pasti rasanya ga karuan tuh, ketombe menumpuk, rambut lepek dan berminyak, bau,  rambut jadi rusak, dan pastinya tingkat kepercayaan diri kamu pasti menurun. Oleh karena itu kalau kamu mau keramas, boleh-boleh saja guys. Karena meskipun sedang menstruasi, kita juga harus menjaga kebersihan  dan kesehatan yaaa.

baca juga kisah mistis lainnya :

 

2. Pergi ke Pantai Selatan jangan pakai baju warna hijau

Meskipun katanya Ratu Pantai Selatan identik dengan warna hijau, tapi kamu jangan takut untuk pergi ke pantai dengan baju berwarna hijau. Mitos ini sebenarnya hanya menyarankan agar kamu memakai baju yang berwarna cerah seperti kuning, merah, atau orange. Karena  jika kamu terseret arus saat berenang dan memakai baju warna hijau, maka akan sulit untuk menemukanmu karena warna hijau akan menyatu dengan air laut. Jadi itu pilihan kamu mau pakai baju warna apa saja untuk ke pantai, tapi sebaiknya kamu ikuti saran untuk menggunakan baju warna cerah ya guys. Untuk jaga-jaga saja..

3. Orang yang sudah mati akan menjadi hantu

Banyak yang salah kaprah kalau orang meninggal akan menjadi hantu. Hantu itu seperti kuntilanak, pocong, tuyul dan lain sebagainya. Namun sebenarnya itu adalah tipu daya setan untuk menjauhkan manusia dari Allah. Perlu kita ketahui bahwa setan (dari bangsa jin) dapat merubah dirinya menjadi siapapun dan dapat berubah wujud menjadi apapun lalu menampakkannya pada manusia. Tujuannya adalah untuk menggoda dan menakuti manusia seolah-olah benar bahwa orang yang meninggal akan menjadi hantu dan gentayangan.

4. Ada kupu-kupu masuk kedalam rumah, pertanda akan kedatangan tamu

Mitos ini tidak bisa kamu percaya begitu saja, karena belum ada penelitian tentang hal ini.  Orang-orang dahulu mengaitkan bahwa jika yang datang adalah kupu-kupu yang indah, maka akan kedatangan tamu yang berniat baik. Namun jika yang datang adalah kupu-kupu yang jelek, maka akan kedatangan tamu yang berniat jelek. Kedatangan kupu-kupu juga dipercaya akan memperlancar usaha seseorang. Tapi kamu jangan sepenuhnya percaya ya guys, karena ini bisa menjadikan kamu seseorang yang selalu percaya akan hal mitos. Padahal yang mengatur rezeki manusia adalah Allah SWT.

5. Ular masuk rumah pertanda akan ada musibah

Saat ular masuk rumah tidak bisa selalu dikaitkan dengan akan adanya musibah yang menimpa pemilik rumah. Ular masuk bisa saja karena kondisi rumah yang kotor, lembab, dan banyak tanah yang berlubang. Ular memang suka dengan tempat yang seperti itu. Menurut penjelasan Ustadz Khalid Basamah, jika ada ular masuk yang harus kita lakukan adalah memberinya peringatan sebanyak tiga kali. Jika ia enggan untuk keluar rumah, maka bunuhlah. Karena ular itu adalah jelmaan syaitan. Tapi memberi peringatan untuk mengusir dan tidak langsung membunuh hanya berlaku untuk ular yang masuk kedalam rumah. Apabila ular-ular yang kita temui dijalan atau semak-semak, maka diperbolehkan untuk langsung membunuhnya.

Gravatar Image
Hidup adalah ujian, namun bagaimana cara kita menyelesaikan ujian itulah yang paling penting. Saatnya hidupkan lilin daripada memaki kegelapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *