5 Pakaian Adat Kalimantan Barat

Posted on

Kalimantan Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang penduduknya heterogen, yang berarti memiliki banyak suku. Namun suku yang paling mendominasi adalah suku dayak. Oleh karena itu Kalimantan Barat menyimpan banyak kebudayaan.

Salah satu contohnya ialah tari tradisional, alat musik tradisional, hingga pakaian adat nya. Kali ini kita akan sedikit membahas beberapa pakaian adat dari Kalimantan Barat. Sebenarnya pakaian adat Kalimantan Barat ini memiliki beberapa keunikan loh.

Seperti bajunya yang terbuat dari kulit tumbuhan dan memiliki nama unik “king” yang diambil dari bahasa dayak. Untuk lengkapnya berikut beberapa pakaian adat dari Kalimantan Barat.

1. Pakaian Adat Untuk Lelaki yang Dikenal dengan “King Baba”

Foto by cluads.com

Pakaian adat pertama ini seperti ciri keunikan dari pakaian adat Kalimantan Barat yah, bernama King Baba, King yang berarti pakaian, Baba yang berarti lelaki. Dan pakaian adat ini terbuat dari kulit tumbuhan atau kayu kapuo.

Dalam proses pembuatan pakaian adat ini dilakukan beberapa proses sehingga tersisa seratnya saja dan bisa dibentuk seperti rompi tanpa lengan. Biasanya pakaian adat ini dihiasi dengan lukisan khas Dayak.

Sebagai hiasan tambahan biasanya ditambahkan ikat kepala dengan diselipkan bulu burung enggang. Ini salah satu faktor yang menjadikan pakaian adat Kalimantan Barat ini cukup unik. Tak lupa disimpan senjata tradisional Mandau, karena pakaian adat ini merupakan baju perang suku Dayak.

Baca juga : Pakaian Adat Banjar

2. Pakaian Adat Untuk Perempuan yang Dikenal dengan “King Bibinge”

Foto by perpustakaan.id

Sama seperti pakaian adat lelaki, pakaian adat perempuan Kalimantan Barat ini bernama King yang berarti baju dan Bibinge yang berarti perempuan. Dalam proses pembuatan dan hasil pun tidak berbeda jauh dengan pakaian adat untuk lelakinya.

Namun, untuk pakaian adat perempuan Kalimantan Barat ini lebih sopan karena menutup data, stagen, dan ditambahkan dengan kain bawahan, serta tak lupa ditambahkan dengan manik-manik sebagai aksesorisnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *