5 lagu Pemanggil Setan, Awas Jangan Dinyanyikan

Posted on

Masyarakat Indonesia memang masih kental dengan hal-hal berbau mistis. Bahkan di setiap daerahnya memiliki cerita mistis yang berbeda dan aneh.

Hal-hal mistis tersebut dikaitkan dengan keberadaan hantu seperti kuntilanak, pocong, genderuwo, santet, guna-guna, dan sebagainya yang sebenarnya itu adalah jin yang berusaha mengganggu manusia.

Namun, kejadian-kejadian yang pernah dialami seseorang dalam hal mistis seperti melihat hantu pasti merasakan betul keberadaan mereka dalam kehidupan ini. Meskipun berbeda alam, namun mereka seolah-olah nyata dengan menampakkan wujudnya.

Nah, keberadaan makhluk tersebut bukan semata-mata karena ingin mengganggu manusia, melainkan manusia itu sendiri yang mengundang kehadiran mereka. Salah satunya adalah dengan menyanyikan lagu berikut ini.

*

1. Lingsir wengi

sumber-blogunik.com

Sudah tidak asing lagi dengan judul lagu yang satu ini. Sering disebut-sebut sebagai lagu pemanggil kuntilanak, ternyata lagu ini sebenarnya diciptakan oleh Sunan Kalijaga.

Lirik lagu yang di ciptakan oleh Sunan Kalijaga memiliki kesan mendalam hingga sangat populer pada masanya. Namun lirik lagu lingsir wengi ini diubah dan menjadi sangat berbeda pada film kuntilanak.

Sebenarnya, Sunan Kalijaga menciptakan lagu lingsir wengi untuk menolak makhluk halus dan menolak bala. Namun saat ini, lagu tersebut disalah artikan menjadi lagu pengundang kuntilanak lantaran liriknya yang diubah pada film kuntilanak.

Sunan Kalijaga menggunakan pakem Durma dalam lagu ini yang melambangkan sifat keras, sangar, suram, dan kesedihan. Untuk itu pembawaan lagu ini juga dalam tempo yang lambat bahkan bisa sampai menyayat perasaan bagi siapapun yang mendengarnya.

Meskipun liriknya sudah dirubah, namun tembangnya masih sama. Ini adalah lirik lagu lingsir wengi versi film kuntilanak:

Lingsir wengi sliramu tumeking sirno
Ojo Tangi nggonmu guling
awas jo ngetoro
aku lagi bang wingo wingo
jin setan kang tak utusi
jin setan kang tak utusi
dadyo sebarang
Wojo lelayu sebet

artinya adalah

Menjelang malam, dirimu(bayangmu) mulai sirna
Jangan terbangun dari tidurmu
Awas, jangan terlihat (memperlihatkan diri)
Aku sedang gelisah,
Jin setan ku perintahkan
Jadilah apapun juga,
Namun jangan membawa maut

2. Malam Satu Suro

sumber-grid.id

Malam satu suro memang terkenal keramat oleh masyarakat Jawa. Lagu ini terkenal setelah menjadi pengiring dalam film “malam satu suro” yang diperankan oleh Suzzanna. Kamu tahu siapa Suzzanna? Dia adalah Ratu Film Horor Indonesia.

Lagu ini dinyanyikan biasanya setelah maghrib untuk memperingati malam satu suro. Dan pada saat itu, orang-orang dilarang keluar karena masyarakatnya percaya bahwa malam itu penuh dengan hal mistis.

3. Kelam Malam

sumber-soundclound.com

Film pengabdi setan memang sukses membuat penonton merasa ketakutan dan merinding. Film yang tayang pada 28 september 2017 ini diiringi oleh lagu ” kelam malam”  dengan sentuhan musik 60-an sehingga suasana kuno dan mistis sangat terasa.

Lirik lagu kelam malam

Di kesunyian malam ini

Ku datang menghampiri

Gravatar Image
Hidup adalah ujian, namun bagaimana cara kita menyelesaikan ujian itulah yang paling penting. Saatnya hidupkan lilin daripada memaki kegelapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *