5 Alat Musik Khas Papua

Posted on

Indonesia merupakan salah satu negara yang luas di Asia Tenggara, terbagi menadi banyak pulau dari Sabang sampai Merauke. Ingatkah kalian saat dulu Papua sering terlupakan karena letaknya yang paling ujung timur?

Banyak yang melupakan bahwa Papua adalah bagian dari negara kita, tapi sebagai provinsi yang paling ujung, Papua tak kalah indah dan kaya dengan pulau lainnya. Membuktikan dengan memiliki Raja Ampat yang sudah tak tertandingi keindahannya.

Memiliki budaya yang kaya seperti daerah lain juga, bahkan Papua juga memiliki alat musik tradisional yang khas dan sering digunakan dalam acara adat lainnya. Seperti apa alat musiknya? Ini dia 5 alat musik khas dari Papua.

 

1. Amyen

Foto by dictio.id

Jika Jawa Barat memiliki suling, Papua memiliki amyen. Amyen ini semacam alat musik yang mirip seperti sullng. Terbuat dari kayu, digunakan dengan cara ditiup. Pada jaman dulu, alat musik ini digunakan sebagai tanda datangnya bahaya.

Pada saat ini, amyen digunakan sebagai pengiring tari-tarian daerah. Alat musik yang berasal dari suku web ini dalam pembuatannya menggunakan bahan kayu putih.

 

2. Fuu

Foto by indonesiakaya.com

Alat musik yang kedua ini sama seperti sebelumnya, fuu terbuat dari kayu, memiliki bentuk seperti suling dan tabung karena bentuknya yang gempal dan terdapat lubang pada ujungnya. Fuu ini merupakan identitas dari Papua yang perlu dilestarikan.

Fuu ini digunakan untuk pemanggil penduduk suku tertentu dan sebagai pengiring tarian tradisional suku Asmat, fuu sendiri sering dikolaborasikan dengan alat musik Papua lainnya seperti Tifa dan Kelambut.

 

Baca juga : Alat Musik Tradisional Batak

3. Pikon

Foto by tribunnewswiki.com

Alat musik ini sedikit unik dari alat musik lainnya, biasanya alat musik mengeluarkan suara yang merdu tapi tidak dengan alat musik yang satu ini, suara yang dikeluarkan bisa mengganggu kamu yang tidak biasa mendengarnya.

Di Papua, pikon ini lebih sering digunakan oleh mereka kaum pria, terutama daerah pedalaman suku Dani. Biasanya alat musik ini dijadikan hiburan para pria yang telah selesai berburu dan bekerja, mereka berkumpul dan bermain pikon di honai yang merupakan rumah khas dari Papua.

 

4. Triton

Foto by romadecade.com

Papua memang tak habis dengan keunikannya, kali ini alat musik triton berbeda dengan alat musik pada umumnya juga. Triton tidak dibuat atau diciptakan seperti alat musik tradisional lainnya melainnya ditemukan.

Yah, ditemukan, triton dapat ditemukan di pesisir pantai Papua seperti Biak, Yapen, Waropen, Nabire, dan Raja Ampat. Pada jaman dulu, triton digunakan untuk sarana komunikasi dan memanggil bantuan, untuk sekarang triton digunakan sebagai hiburan saja.

 

Baca juga : Alat Musik Tradisional Jawa

5. Tifa

Foto by negerikuindonesia.com

Layaknya seperti gendang, tifa yang dimiliki oleh Papua ini dimainkan dengan cara dipukul. Tifa terbuat dari batang kayu yang diambil isiya dan sisinya ditutup dengan kulit rusa yang telah dikeringkan yang menjadi penghasil suara dari tifa.

Di Papua, tifa memiliki beberapa jenis seperti tifa jekir, tifa dasar, tifa potong, tifa jeker potong dan tifa bas. Tifa biasanya digunakan sebagai pengiring lagu, berdansa yang dilengkapi dengan api unggun, sedangkan pada jaman dulu tifa digunakan sebagai pembangkit penyemangat dalam berperang.

 

Itulah beberapa alat musik tradisional khas yang berasal dari Papua. Mungkin satu atau dua memiliki kesamaan dengan daerah lain. Namun Papua juga tak kalah memiliki keunikan lain dengan daerah lain.

Seiring berjalannya waktu Papua memang sudah lebih dirangkul oleh Indonesia, namun bagi kita generasi penerus perlu juga untuk mempertahankan identitas Papua seperti alat musiknya karena itu masih bagian dari Indonesia.

 

Sumber:

https://alatmusik.org/alat-musik-tradisional-papua/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *