Teknik – Teknik Mengingat untuk Kamu yang Mudah Lupa!

Posted on

 

Setiap orang memiliki daya ingat yang berbeda-beda. Ada orang yang mudah sekali mengingat suatu peristiwa yang telah lama terjadi, namun ada juga orang yang bahkan hanya memiliki ingatan jangka pendek. Banyak yang beranggapan bahwa daya ingat tersebut merupakan hal yang alamiah dimiliki setiap orang dengan kemampuan yang berbeda-beda. Padahal, beberapa ilmuwan seperti Gert Mittring, Carney, dan Levin telah meneliti metode-metode yang dapat membantu setiap orang untuk mempertajam daya ingat mereka. Nah, buat kamu yang mudah lupa, yuk lihat teknik-teknik mengingat yang pastinya berguna buat kamu!

  1. Mnemonics

Mnemonics berasal dari kata ‘Mnemosyne’, yaitu dewi ingatan yang ada dalam kepercayaan mitologi Yunani. Konsep mengingat menggunakan teknik Mnemonics adalah dengan menerjemahkan suatu informasi dalam bentuk lainnya yang serupa namun lebih singkat dan mudah diingat.

Teknik mnemonics ini dapat dilakukan dengan dua sistem, yakni sistem bunyi dan sistem gambaran. Contohnya adalah untuk mengingat kode senyawa kimia golongan IIA (Be, Mg, Ca, Sr, Ba, dan Ra) dengan sistem bunyi, kita dapat menghafalkan kode-kode tersebut ke sebuah kata atau kalimat yang unik serta mudah diingat. Dalam kasus ini, kode senyawa Be, Mg, Ca, Sr, Ba dan Ra dapat kita bentuk menjadi kalimat “Bebek Mangan Cacing Seru Banget Rasanya”.

  1. Chunking

Saat sedang berkumpul bersama teman-teman, mereka menitipkan beberapa barang, yaitu nasi goreng, ayam bakar, mie ayam, biskuit cokelat, biskuit keju, keripik kentang, minuman teh dalam kemasan, serta minuman bersoda. Pastinya, akan sulit bukan untuk mengingat kedelapan barang tersebut?

Teknik chunking merupakan pengelompokan terhadap suatu hal yang diingat agar terbagi kembali menjadi beberapa sub-kelompok. Misalnya, kita dapat mengelompokkan delapan barang pesanan pada contoh tersebut menjadi tiga sub-kelompok, yaitu makanan berat (nasi goreng, ayam bakar dan mie ayam), makanan ringan (biskuit cokelat, biskuit keju dan keripik kentang), serta minuman (teh dan soda).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *