7 Tari Adat Aceh yang Terpopuler dan Khas

Posted on

Tari adat Aceh merupakan warisan budaya tari yang menjadi bagian kekayaan budaya tari di Indonesia dan memiliki kepopuleran di kancah Nasional dan Internasional. Tarian memang menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari masyarakat Aceh.

Tari adat Aceh sendiri memiliki ciri khas dan keunikannya tersendiri diantaranya ialah kentalnya unsur nilai islami yang terdapat dalam tariannya. Provinsi Aceh sendiri memang disebut dengan Serambi Mekkah karena latarbelakang sejarah dan nilai islam yan kuat dalam kehidupan sehari-hari masayarakatnya.

Di antara tarian adat Aceh yang terpopuler, kita pasti tahu dengan Tari Saman yang menjadi ikonik tarian dengan nilai unsur islami di dalamnya. Bahkan Tari Saman asal Aceh ini mendapat pengakuan dari dunia internasional melalui UNESCO bahwa tarian ini telah menjadi salah satu warisan budaya tak benda milik Indonesia.

Disamping Tari Saman, tari tradisional asal Aceh masih banyak dan memiliki ciri khas dan keunikan yang tidak kalah menarik untuk diketahui dan dipelajari. Berikut 7 tarian adat Aceh yang terpopuler dan khas yang bisa Anda ketahui:

Tari Saman

Tari Saman Aceh
Penampilan Tari Saman | Foto: Acehnesia.com

Tarian Saman memang merupakan tarian populer masyarakat Aceh yang telah mendapat pengakuan internasional dari UNESCO sebagai salah satu warisan budaya tak benda dari Indonesia. Tarian khas ini berasal dari kesenian budaya asli Suku Gayo di dataran tinggi Gayo, Aceh Tenggara.

Tari Saman memang memiliki ciri khas kental akan nuansa islami yang disajikan sebagai pertunjukan perayaan adat Aceh ataupun pertunjukan dalam hari-hari besar Islam seperti hari kelahiran Nabi Muhammad SAW dan sebagainya.

Tarian khas ini dipentaskan tanpa iringan musik alat yang menyertai sehingga musik dan irama suara berasal dari bunyi gerak tepuk para penarinya yang menjadi salah satu ciri Tari Saman. Biasanya terdapat pemandu dan pemimpin tari yang disebut Syekh dengan tugas lain menyanyikan puisi dan syair saman Aceh.

Tari Bines, Tari Adat Aceh yang indah

Tari Bines Aceh
Pertunjukant Tari Bines | Foto: Lpsn.org

Tarian Bines ialah salah satu keragaman tari yang berasal dari Suku Gayo di Kabupaten Gayo Lues, Aceh. Tarian ini juga disebut-sebut sebagai belahan jiwa Tari Saman karena sejarah dan cerita bahwa dahulu leluhur Suku Gayo menciptakan Tari Bines sebagai pengganti Tari Saman.

Hal itu tercipta karena Tari Saman pada zamannya dianggap oleh leluhur Gayo Luwes memiliki gerakan yang terlalu keras dan tidak cocok dibawakan oleh kaum wanita sehingga dibuatlah Tari Bines sebagai pengganti.

Tari Adat Aceh ini juga dianggap sebagai bagian dari penampilan dari Tari Saman dalam pementasannya. Biasanya Tari Bines ditampilkan saat jeda antara penampilan satu grup penari Tari Saman dengan grup lainnya. Keuinikan tarian ini juga ada pada saweran yang diberikan para pemuda pemudi kepada para penari wanita diatas kepala mereka.

Tari Tarek Pukat

Tari Tarek Pukat Aceh
Penampilan penari Tari Tarek Pukat yang unik | Foto: Acehprov.go.id

Tarian Tarek Pukat merupakan bentuk tarian yang terinspirasi dari budaya masyarakat daerah pesisir Aceh, yaitu Tarek Pukat. Tradisi Tarek Pukat sendiri merupakan tradisi budaya menarik ikan dengan jala secara bersama-sama dan bergotong-royong.

Tarian ini memang menggambarkan kehidupan para nelayan di Aceh. Hasil penangkapan ikan secara bersama-sama dari tradisi Tarek Pukat akan dibagi sama rata kepada semua yang ikut terlibat.

Dalam tariannya Tari Pukat biasa dibawakan oleh 7 orang penari wanita yang lengkap menggunakan kostum tradisional Aceh. Para penari akan menari dengan membawakan ciri khas berupa properti tali sebagai bentuk representasi dari jala para nelayan.

Jala tersebut di dalam bahasa Aceh biasa disebut pukat. Untuk musik pengiring tarian Tarek Pukat biasa menggunakan iringan musik dan nyanyian khas Aceh sebagai pelengkap sajian tari.

Tari Seudati

Tari Seudati, Tari Adat Aceh
Penampilan penari Tari Seudati, Tari Adat Aceh | Foto: Kebudayaan.kemdikbud.go.id

Kesenian Tarian Seudati merupakan salah satu ragam tarian yang berkembang pertama kali berbarengan dengan masuknya nilai ajaran agama islam dari Timur Tengah ke Aceh. Tari Seudati berasal dari Kabupaten Pidie dan Kabupaten Aceh Utara.

Gravatar Image
Perkenalkan saya Zafrul sebagai penulis atau kontributor dalam Takterlihat.com Semoga senang dan mendapat manfaat dari membaca tulisan saya. More about me : linkedin.com/in/zafroel/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *