3 Rumah Adat Bangka Belitung, Ciri Khas dan Fungsinya

Posted on

Bangka Belitung berada di bagian timur dari Pulau Sumatra. Provinsi ini lebih dikenal dengan sebutannya yaitu Kepulauan Bangka Belitung. Secara resmi wilayahnya dibagi menjadi dua yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung serta 470 pulau-pulau kecil disekitarnya.

Kepulauan ini menyajikan keindahan dari segi alamya serta budaya. Dari segi alam, kamu bisa menjumpai puluhan pantai dengan pasir bak mutiara atau warna kuning keemasan. Sebagian besar pantainya belum terjamah oleh banyak wisatawan. Kalau dari segi budaya, kepulauan ini pun layak dijadikan panutan ragam budaya.Mulai dari hari besar keagamaan, ragam budaya ritual, tarian adat dan rumah adat.

Rumah adat di Bangka Belitung memang hanya da 3 model. Nama-nama rumah adatnya pun terdengar kurang unik karena hanya berdasar dari arsitektur modelnya saja. Yuk simak 3 model Rumah Adat Bangka Belitung di bawah ini.

1. Rumah Adat Limas

Rumah Adat Bangka Belitung Limas
Sumber: Aminama.com

Rumah Adat yang pertama bernama Limas. Namaya memang nggak asing karena Limas juga bisa ditemui di Palembang, provinsi Sumatra Selatan. Rumah ini dibawa oleh mereka yang dulunya tinggal di Palembang, kemudian bermigrasi ke Bangka Belitung. Jadi bisa dikatakan Limas adalah warisan budaya Palembang yang diadopsi oleh Kepulauan Bangka Belitung.

Disebut dengan Limas sebab kata ini adalah akronim dari Lima Emas. Selain itu, model bangunan dan wujud atapnya hampir mirip dengan Rumah Limas di Palembang. Gaya aritekturnya merupakan kombinasi klasik eropa kala masa kolonial. Sehingga Limas tampak sedikit lebih modern daripada 2 rumah adat Bangka Belitung lainnya.

Kepulauan Bangka Belitung mengadopsi Limas dengan sedikit penyesuaian adat pulau ini. Itulah kenapa dikatakan hampir mirip dengan Rumah Limas di Provinsi Sumatra Selatan. Bagian yang diubah adalah panjang bangunan dan peletakkan kamar tidur yang sejajar dengan ruang tamu. Selain itu, lantai pada ruang tau pun dibedakan tingginya. Untuk tamu yang memiliki status sosial lebih tinggi, maka biasanya akan duduk di lantai yang lebih tinggi.

2. Rumah Adat Rakit

Rumah Adat Rakit
Sumber: AnakPintar.com

Serupa namanya, yaitu Rumah Rakit, maka rumah ini sering dijumpai di atas laut. Bangunannya berasal dari rakit yang disulap menjadi rumah yang memiliki perabotan rumah tangga. Adanya rumah ini nggak lepas dari kondisi geografis Kepulauan Bangka Belitung yang dikelilingi oleh sungai.

Rumah Adat Rakit dimanfaatkan sebagai tempat tinggal dan tempat berbisnis di atas air oleh masyarakat Bangka Belitung. Pembuatan rakitnya berasal dari bambu anyan yang kuat dan tahan panas serta air. Terdapat campuran beberapa kayu seperti kayu Trembesi yang banyak dijumai di pulau ini. Dinding rumah adat rakit terbuat dari papan kayu. Seluruh material rumah disatukan menggunakan rotan.

Bagian yang paling unik dari Rumah Adat Rakit adalah letaknya yang selalu berpindah. Bangunan akan berpindah mengikuti kemana air dan angin membawa, atau pemilik mendayung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *