Cara Menghemat Baterai Kamera

Posted on

Cara Menghemat Baterai Kamera

Kamera digital menggunakan baterai sebagai sumber kekuatan mereka. Semua baterai memiliki kelemahan yang sama, yakni hanya terbatas pada kurun waktu tertentu, sampai akhirnya kita harus kembali mengisi daya untuk mendapatkan energi kembali. Terdapat dua jenis baterai yang digunakan oleh kamera digital, yaitu baterai sekali pakai dan baterai yang dapat diisi ulang (seperti: nikel kadmium, lithium ion atau lithium polymer).

Namun baterai tergolong memiliki waktu hidup yang singkat. Hal ini mungkin bisa menjadi ‘frustasi’ bagi sebagian fotografer. Tenang saja, berikut ini adalah cara untuk menghemat baterai kamera kamu.

  1. Matikan LCD dan gunakan viewfinder

Jika kamera kamu memiliki viewfinder (jendela bidik), pakailah. Gunakan viewfinder untuk membidik gambar. Jangan menggunakan LCD untuk membidik gambar, karena LCD mengonsumsi banyak daya.

  1. Kurangi melihat foto

Kurangi untuk melihat foto di galeri berkali-kali. Seperti halnya dijelaskan di poin satu, penggunaan LCD sangat menguras daya. Jadi, jangan terlalu sering menggunakan LCD, salah satunya dengan sering melihat gambar di galeri ya.

  1. Jangan gunakan continuous focus jika tidak perlu

Ketika kameramu sedang menentukan titik fokus, hal tersebut membutuhkan energi. Sistem motorik yang menggerakan komponen optik agar memfokuskan gambar, membutuhkan banyak energi. Memang kamu tidak bisa menghindari untuk tidak melakukan fokus gambar.

  1. Jangan menekan setengah (half way down) tombol rana tanpa sebab

Menekan setengah tombol shutter mengonsumsi banyak daya, karena kamera menentukan titik fokus saat tombol shutter ditekan setengah. Bidiklah gambarmu sebaik mungkin, baru mencari fokus. Hal ini bisa mengkonsumsi banyak daya dari yang kita pikirkan. Saat kamu menekan setengah tombol rana, banyak komponen motorik yang berhubungan, seperti komponen fokus, komponen flash, dan lain sebagainya.

  1. Bawa baterai cadangan

Cara Menghemat Baterai Kamera

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *