5 Baju Daerah Khas Kalimantan

Posted on

Kalimantan, ya provinsi yang terpilih menjadi ibukota baru Indonesia sebentar lagi. Untuk itu, kita harus mengetahui seluk beluk Kalimantan, mulai dari geografisnya, adat-istiadatnya, suku-sukunya, lagu daerahnya, sampai pada baju daerahnya..

Jangan sampai kita tidak mengetahui apa-apa tentang calon ibukota baru Indonesia hehehe. Nah berikut ini adalah baju daerah khas Kalimantan yang harus kamu ketahui.

1. Baju King Kaba

sumber-borneochannel.com

King berarti pakaian dan Baba berarti laki-laki. Pakaian ini khusus untuk laki-laki suku Dayak saja. Bajunya terbuat dari bahan kulit kayu tanaman ampuro atau kayu kapuo. Jenis kayu tersebut adalah tumbuhan endemik Kalimantan yang mempunyai kandungan serat tinggi.

Unik sekali memang pakaian yang satu ini, sangat memanfaatkan alam Indonesia. Bisa kamu lihat pada foto diatas, pakaian adat Kalimantan Barat ini dilengkapi dengan ikat kepala yang juga unik. Biasanya pakaian ini digunakan sebagai pakaian perang suku Dayak karena dilengkapi dengan senjata berupa Mandau.

2. Baju King Bibinge

sumber-kamerabudaya.com

Sama halnya dengan King Kaba, King Bibinge juga merupakan pakaian khas wanita suku Dayak. Yang membedakannya hanya pada desain dengan pakaian yang menutup dada, stagen, manik-manik dan kain bawahan. Tak lupa ada ikat kepala berbentuk segitiga yang terbuat dari bulu burung enggang.

Coba kamu lihat lagi secara teliti, bahwa di bagian tangan sang wanita ada gelang yang di pakaiannya. Nah gelang itu adalah jarat tangan yang terbuat dari pintalan akar tanaman sebagai bentuk penolak bala.

 

Baca juga artikel lainnya

3. Baju Kustin

sumber-borneochannel.com

Nama “Kustin” ini sendiri berasal dari bahasa Kutai yang artinya busana. Pakaian adat Kustin yang berasal dari  Kalimantan Timur ini terbuat dari bagah beludru berwarna yang hitam. Sedangkan lengan baju didesain panjang dan kerahnya tinggi dengan bagian kerah dan dadanya dihiasi dengan pasmen.

Biasanya, pakaian ini digunakan pada acara tertentu seperti pernikahan. Dan pada umumnya digunakan oleh masyarakat golongan menengah ke atas.

Gravatar Image
Hidup adalah ujian, namun bagaimana cara kita menyelesaikan ujian itulah yang paling penting. Saatnya hidupkan lilin daripada memaki kegelapan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *