5 Alat Musik Khas Sumatra

Posted on

Sumatra adalah pulau keenam terbesar di Indonesia, pulau ini dikenal pula dengan nama lain yaitu Pulau Percha, Andalas, atau Suwarnadwipa. Sumatera sering dikenal memiliki karakter yang kuat tipa masing-masing daerahnya. Seperti watak, seni tarinya, dll. Nahh kali ini saya akan membahas tentang alat musiknya yang tak kalah kuat dengan karakternya

Setiap daerah memiliki alat musik khas masing-masing, nah disini Sumatra juga punya alat musik khasnya lho. Mari simak 5 alat musik khas Sumatra.

1. Alat Musik Gondang.

Foto: intronesia.com

Gordang merupakan gendang yang dipukul berirama. Gordang adalah alat musik yang telah menjadi bagian masyarakat Batak sejak nenek moyang terdahulu yang  terbuat dari kayu yang dilapisi dengan kulit sapi atau kerbau. Alat musik ini adalah salah satu alat musik Batak Toba, yaitu satu gendang yang lebih besar dari taganing yang dipakai untuk pembawa ritem konstan mau pun ritem variable dan ritmenya bisa dibilang semacam Basa.

2. Alat musik Doli-doli.

Foto: infobudaya.net

Doli Doli Gahe biasanya dipakai di ladang, terdiri dari 4 kayu yang pasti berbeda nadanya. Ini biasanya di tempatkan di atas lutut seorang yang sedang duduk dan dimainkan dengan menggunakan tongkat pendek. Biasanya alat musik ini dimainkan dengan alat musik Nias lainnya yaitu Lagia, Fondrahi, gondra/gendang, faritia dan lain-lain.

Alat musik ini dimainkan pada saat-saat tertentu seperti saat santai diladang, saat duka cita atau kesepian, upacara adat dan lainnya.

3. Alat musik Druri Darna

Foto: jatikom.com

Alat musik ini khas Sumatra Utara.
Jika Alat musik Doli dibuat menggunakan kayu. Nah, alat musik Druni Dana ini dibuat menggunakan bambubyang menyerupai garpu tala. Druri Dana masuk kedalam instrumen harmonis dengan cara memainkannya dipukul atau pun digoyang – goyangkan. Hampir sama seperti cara memainkan alat musik angklung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *