Yuk Lebih Kenal Suku Batak! Ini Loh Alat Musiknya

Posted on

 

4. Garantung

Foto by silontong.com

Garantung ini merupakan alat musik yang memiliki lima bilah nada yang terbuat dari kayu. Permanan alat musik ini digunakan untuk pembawa melodi, pembawa ritern variable, dengan dimainkan dengan cara memukul 5 bilah nada itu.

Garantung ini dimainkan dengan menggunakan dua stik dengan menggunakan kedua tangan. Tangan kanan untuk memukul bagian tangkai dan wilahan garantung, sedangkan tangan kiri untuk pembawa melodi dan ritme.

 

Baca juga : Alat Musik Indonesia yang Mendunia

5. Sarune Bolon

Alat musik yang terakhir ini lebih unik dari yang lainnya, karena alat musik yang satu ini terbuat dari kayu, tandung kerbau dan kayu arung sebagai sumber suaranya. Sarune Bolon dimainkan dengan cara ditiup.

Dengan cara menarik nafas tetapi tanpa menghentikan suara Sarune tersebut. Cukup rumit yah, apakah kamu ingin mencoba memainkannya? Dan tak ketinggalan, alat musik ini digunakan sebagai pembawa melodi dan pembawa lagu dalam Gondang Batak.

 

Sekian, itu beberapa alat musik yang berasal dari suku Batak di Kalimantan, mungkin tak banyak yang tau, apalagi bagi kaum milenial. Bukannya tak tau tapi malah acuh, kita bisa mengetahui dan menambah wawasan dari sini.

Tak hanya mengetahui, kita bisa mempelajari, mengakui dan mempertahankan kebudayaan kita salah satunya alat musik yang berasal dari tanah suku Batak ini. Jangan sampai semua ciri khas itu tertelan oleh teknologi yang semakin canggih.

 

Sumber:

https://www.silontong.com/2018/05/06/alat-musik-tradisional-batak-toba/#

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *