5 Tarian Bangka Belitung dari Perpaduan Ragam Budaya

Posted on

Tarian ini merupakan hasil alkulturasi budaya yang nyata di Bangka Belitung. Dari musik yang digunakan untuk mengiringi tarian berasal dari musik khas Melayu ditambah sedikit sentuhan alat musik akordeon dari khas Portugis.

4. Tari Sekapur Putih

Tari Sekapur Putih
Penari Tari Sekapur Putih | Foto : Romadecade.org

Tarian Sekapur Putih memiliki fungsi yang sama dengan Tarian Sepen yaitu sebuah tarian penyambutan untuk para tamu yang datang ke Bangka Belitung namun, memiliki popularitas dan tujuan yang lebih banyak.

Tari Sekapur Putih dilakukan oleh orang yang lebih banyak dibanding Tarian Sepen. Jumlah penari biasanya berjumlah 10 sampai 12 orang dan terdiri dari sebagian besar perempuan dan dua orang laki-laki yang berada di posisi belakang.

Setiap penari membawa kotak yang terdiri dari dua jenis yaitu kotak yang berisi daun sirih dan kotak yang berisi bunga. Masing-masing penari yang membawa jenis kotak berbeda memiliki tugas yang berbeda pula.

Penari yang membawa kotak berisi bunga bertugas untuk menaburkan sebagai bentuk penolak bala sedangkan, penari yang membawa kotak berisi sirih bertugas untuk memberikan sajian sirih kepada tamu sebagai bentuk tanda penghormatan.

Kostum pakaian yang digunakan oleh para penari Tari Sekar Putih cukup unik dan beragam dari mulai memakai hiasan kepala dan kalung khas budaya Melayu Bangka Belitung. Sedangkan dari sisi warna tarian ini lebih mengedepankan warna-warna umum seperti merah, kunin, dan hitam.

Selain sebagai sajian budaya di acara penyambutan, Tari Sekapur Putih juga merupakan tarian untuk penanda keberhasilan dan kemenangan atau penghormatan pemberian suatu gelar.

5. Tari Beregong

Tari Beregong
Atraksi Tari Beregong | Foto : Lombafotoastra.satu-indonesia.com

Berbeda dengan tarian-tarian sebelumnya Tari Beregong tergolong tarian yang sudah jarang dipentaskan sekarang. Tarian ini merupakan kesenian yang digelar untuk memperlihatkan kejantanan kaum pria di Bangka Belitung.

Tari Baregong dimainkan oleh para pria dengan saling memukul dengan menggunakan rotan. Tarian ini dikenal juga dengan nama Tari Beripat yang berarti ‘memukul’ diiringi suara gong. Pada zaman dahulu tarian tersebut bertujuan untuk sayembara atau petarungan.

Tarian ini sudah ada sejak jaman kerajaan pertama di Bangka Belitung yaitu Kerajaan Badau. Menurut cerita masyarakat tarian ini digunakan sebagai penentu pemenang bagi para pemuda pada zaman itu untuk memperebutkan seorang gadis tercantik.

Karena banyak yang terpesona dan melamar gadis tersebut maka orang tua gadis itu meminta para pemuda untuk menentukan sendiri siapa yang berhak maka, dipilihlah petarungan menggunakan rotan.

Siapapun yang memiliki jumlah terkena pukulan paling sedikit dan yang berhasil memukul punggung lawan itulah pemenangnya. Tidak ada gerakan khusus untuk Tarian Baregong serta tarian ini dipentaskan hanya untuk acara Selamatan Kampung dan Perayaan Maras Taun.

Baca juga: Tarian Adat Lampung

Itulah daftar tarian Bangka Belitung dari perpaduan ragam budaya. Semua tarian tersebut memiliki keunikan dan kekhasan masing-masing. Tidak sedikit dari tarian tersebut merupakan perpaduan antara budaya lokal maupun luar yang saling melebur di dalam kehidupan masyarakat Bangka Belitung.

Gravatar Image
Perkenalkan saya Zafrul sebagai penulis atau kontributor dalam Takterlihat.com Semoga senang dan mendapat manfaat dari membaca tulisan saya. More about me : linkedin.com/in/zafroel/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *