7 Tarian Adat Sumatra Barat dengan Dominasi Budaya Khas Minang

Posted on

Makna dan pesan yang dibawa dalam tarian ini bahwa dalam membina rumah tangga haruslah saling melengkapi antar pasangan. Hal ini disimbolkan dengan para penari pria yang melakukan gerakan memayungi kepala wanita sebagai simbol melindungi pasangan.

Sedangkan selendang-selendang kain yang digunakan penari wanita berfungsi sebagai ikatan cinta suci yang tengah terjalin antara dua insan. Dalam gerak tarian Tari Payung saat ini terus mengalami perubahan dan perkembangan sesuai zaman sehingga semakin variatif di koreografinya.

5. Tari Pasambahan Minang

Tari Pasambahan Sumatra Barat
Penampilan memukau penari Tari Pasambahan | Foto: Raunsumatra.com

Tarian Pasambahan Minang ialah tari tradisional asal Minangkabau yang berkembang di hampir seluruh wilayah Sumatra Barat. Tarian daerah ini memang bertujuan sebagai bentuk tari penyambutan dan penghormatan kepada para tamu penting ataupun yang berasal dari jauh.

Baca juga: Tarian Adat Lampung

Tarian Adat Sumatra Barat ini juga dianggap erat dengan hajat upacara pernikahan adat Minang masyarakat Sumatra Barat. Keunikan yang dimiliki oleh tarian ini juga terdapat alat atau properti yang digunakan berupa Carano dalam tariannya.

Alat Carano sendiri yaitu sebuah properti yang menyerupai mangkok dan terbuat dari tembaga yang berfungsi sebagai wadah menaruh berbagai macam sesajian. Beberapa contoh dari sesaji yang ditaruh ialah sirih, rokok, rempah, dan barang lainnya yang diberikan kepada para tamu yang datang.

Tarian ini kerap dipentaskan dan ditarikan kepada tamu yang datang dari jauh atau saat rombongan pengantin pria datang ke tempat pengantin wanita. Saat atraksi tarinya, baiasanya beberapa tamu akan dipayungi sebagai bentuk simbol penghormatan yang dilanjutkan dengan penyuguhan daun sirih di dalam Carano.

6. Tari Rantak

Tari Rantak Sumatra Barat
Tari Rantak | Foto: Pinterest.com

Tarian Rantak merupakan salah satu kesenian tari tradisional yang berasal dari daerah Kabupaten Kerinci. Tarian ini memiliki ciri khas dari gerakan tegas serta disertai hentakan kaki para penari yang menimbulkan bunyi juga memiliki beberapa gerakan silat.

Pakaian dan kostum yang digunakan para penari juga terlihat tegas dengan warna merah dan emas serta pakaian adat khas Minangkabau. Gerakan silat dalam tarian tersebut memang mengambil sebagian gerakan bungo silek sebagai gerakan silat pertunjukan.

Biasanya Tari Rantak dipentaskan dengan iringan musik yang memiliki tempo cepat sesuai dengan gerakan yang tegas dan menghentak dari para penarinya.

7. Tari Randai

Tari Randai Sumatra Barat
Atraksi Tari Randai | Foto: Lensabudaya.com

Tarian Randai juga menjadi salah satu bentuk ragam tari yang cukup populer di kancah nasional dan luar serta berasal dari Sumatra Barat. Tarian ini cukup digemari oleh para wisatawan mancanegara karena tariannya yang unik dan memukau.

Dalam tariannya terdapat seorang penari utama yang akan memberikan aba-aba kepada penari lainnya untuk bergerak sesuai koreo gerakan yang mau dibawakan. Jumlah penari tarian ini tidak memiliki patokan tertentu dan menyesuaikan dengan tema cerita rakyat yang mau dibawakan ke dalam pertunjukan tari.

Hal yang membuat tarian ini memukau untuk dilihat para wisatawan dan turis yang melihatnya ialah gerakan tarian yang variatif dan beragam serta unik. Gerakan tersebut seperti gerakan silat, gerakan kuda-kuda, gerakan gesekan kaki, dan gerakan menabuh sarung celana diantara kaki penari sehingga menimbulkan suara gebukan yang khas dan asik.

Itulah sedikit banyak ulasan tentang 7 tarian adat Sumatra Barat dengan dominasi budaya khas Minang yang bisa kita lebih pahami dan pelajari.

Baca juga: Tari Adat Aceh

Daftar tarian ini belum mencakup keseluruhan tarian adat Sumatra Barat karena terdapat lebih banyak lagi dengan keragaman dan ciri khasnya masing-masing. Budaya dan adat Minangkabau memang terasa memberikan warna dan corak yang tebal dalam kesenian tari di Sumatra barat.

Gravatar Image
Perkenalkan saya Zafrul sebagai penulis atau kontributor dalam Takterlihat.com Semoga senang dan mendapat manfaat dari membaca tulisan saya. More about me : linkedin.com/in/zafroel/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *