6 Tarian Adat NTT yang Khas dan Populer

Posted on

jenis tarian ini bisa dikategorikan sebagai jenis tari masal yang melibatkan banyak orang di dalamnya sehingga memiliki ciri khas dan daya tarik dalam keseragaman gerak dan luapan energi para penari yang sangat terasa secara masal.

Tari Ja’i pada umumnya digelar pada acara-acara besar di kampung masyarakat Kabupaten Ngada ataupun acara-acara kebudayaan dan pagelaran kesenian. Tari ini diiringi alat musik berupa gong dan gendang yang berjumlah 5 buah gong dan 3 buah gendang atau tambur.

4. Tari Lego-Lego

Tari Lego-Lego NTT
Tari Lego-Lego | Foto: Jawa.be

Tarian Lego-Lego juga menjadi salah satu dari banyaknya tarian khas yang berasal dari daerah Alor, Nusa Tenggara Timur atau NTT. Kesenian tari ini juga merupakan warisan budaya leluhur Suku Abui di Alor yang memiliki filosofi dalam tariannya bahwa betapa pentingnya persatuan dalam membangun daerah kelahiran maupu negeri secara bersama-sama.

Hampir dalam segala kegiatan adat Suku Abui di Alor selalu menyajikan tarian Lego-Lego ini. Terdapat beberapa varian gerakan, gaya, dan nyanyian yang berbeda-beda dalam beberapa kawasan di Alor. Perbedaan tersebut lebih ditekankan pada nyanyian yang berbeda karena harapan dan ungkapan masyakarat yang berbeda kawasan.

Baca juga: Tari Adat Aceh

Musik yang mengiringi tarian ini menggunakan alat musik berupa gong dan gendang serta busana yang dikenakan oleh para penari merupakan busana khas tradisional Suku Abui ditambah gelang di kaki para penari yang memberikan bunyi gemerincing yang unik. Tarian ini juga melantunkan lagu-lagu bahasa adat yang dilakukan dan digelar semalaman oleh para penduduk.

5. Tari Hedung

Tari Hedung NTT
Tari Hedung | Foto: Kabarflotim.blogspot.com

Tarian Hedung menjadi salah satu dari beberapa jenis tarian perang yang berasal dari Adonara, Flores Timur, NTT. Tatian ini dipentaskan dan ditarikan oleh para penari campuran yang terdiri atas pria dan wanita. Para penari Tari Hedung menarikan tarian ini dengan maksud menggambarkan sifat dan jiwa kepahlawanan masyarakat Adonara saat di medan perang suku.

Tari Hedung saat ini sering sekali ditampilkan pada acara-acara budaya dan rakyat seperti acara penyambutan tamu, acara adat, dan acara festival kebudayaan Nusa Tenggara Timur. Dalam sejarahnya tarian digelar sebagai bentuk ritual adat sebelum terjadinya perang agar diberikan keselamatan. Hal ini terjadi karena dahulu di daerah Adonara sering kali terjadi peperangan antar suku-suku tersebut.

Jumlah penari dalam tarian ini tidak menentu dan menyesuaikan dengan pementasan atau acara yang akan dilakukan. Tari Hedung memiliki beberapa varian jenis seperti Hedung Tubak Belo (menggambarkan perang tanding), Hedung Hodi Kotek (menyambut para pahlawan yang pulang dari medan perang) dan Hedung Megeneng Kabeleng (penyambutan tamu).

6. Tari Woleka

Tari Woleka NTT
Tari Woleka | Foto: Cintaindonesia.web.id

Tarian tradisional khas Sumba Barat Daya ini dijuluki dengan nama Tari Woleka yang dipentanskan sebagai penyambutan para tamu. Para penari Tari Woleka ini biasa dibawakan pria dan wanita dengan gerakan khasnya yang dinamis.

Pada zaman dahulu tarian ini memang dikhususkan untuk menyambut dan mengiringi tamu-tamu penting ataupun para kalangan bangsawan yang berkunjung ke daerah Sumba Barat Daya. Tarian ini merupakan warisan budaya leluhur yang masih dilestarikan hingga saat ini oleh masyarakat Sumba, NTT.

Kostum para penarinya biasa menggunakan pakaian adat khas Sumba dengan kain panjang serta hiasan kepala seperti ikat kepala dengan ronce-ronce. Para penari wanita juga dilengkapi dengan gelang dan kalung sebagai pemanis penampilan serta selendang yang diikatkan di bagian pinggul penari wanita.

Baca juga: Tarian Adat Jambi

Itulah beberapa ulasan ringkas mengenai 6 tarian adat NTT yang khas dan populer sebagai bagian dari kekayaan adat dan budaya masyarakat Nusa Tenggara Timur. Daftar tarian ini belum mencakup keseluruhan tarian adat yang ada di NTT karena terdapat banyak lagi tarian asal NTT dengan ciri khasnya yang unik.

Gravatar Image
Perkenalkan saya Zafrul sebagai penulis atau kontributor dalam Takterlihat.com Semoga senang dan mendapat manfaat dari membaca tulisan saya. More about me : linkedin.com/in/zafroel/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *