7 Tarian Adat Kalimantan Barat, Tampilan Unik dan Khas

Posted on

Jika di Sumatra ada Tari Piring maka di Kalimantan ada Tari Pingan. Tarian ini ialah salah satu bentuk khas Kalimantan Barat yang berasal dari Suku Dayak Mualang. Pingan sendiri dalam bahasa Dayak berarti sebuah piring yang terbuat dari bahan batu ataupun tanah liat.

Pada zaman dahulu tarian ini berfungsi sebagai tarian yang digunakan sebagai simbol pengukuhan kelulusan dalam belajar beladiri tradisional suku Dayak Mualang. Tarian ini disajikan dengan properti piring sebagai bagian penting.

5. Tari Bopureh

Tari Bopureh
Pementasan Para Penari Tari Bopureh | Foto: Indonesiakaya.com

Tarian unik yang bertemakan kisah cinta antara seorang pemuda dan seorang gadis yang terhalang oleh adat istiadat. Diceritakan bahwa pemuda tersebut berasal dari suku Dayak Jangkang, sedangkan sang gadis berasal dari suku Dayak Kanayan.

Kedua sejoli tersebut tidak bisa bersatu karena dahulu bagi masyarakat Dayak untuk menikah diluar kelompok merupakan sebuah pantangan besar. Makna “Silsilah” merupakan artian dari istilah Bopureh dalam bahasa suku Dayak Jangkang.

Tarian tersebut biasa dibawakan 10 orang penari dengan 2 orang sebagai penari utama dan lainnya sebagai penari pelengkap. Dalam segi kostum dan pakaian, tarian ini dilengkapi dengan mahkota burung Tingang sebagai ciri khas para penari pria.

6. Tari Pedang Mualang

Tari Pedang Mualang
Ilustrasi Tari Pedang Mualang | Foto: superadventure.co.id

Tari Pedang Mualang dikenal sebagai tarian hiburan rakyat dalam acara pesta panen padi atau disebut Gawai Dayak juga pernikahan atau Gawai Belaki Bini. Tarian ini juga mengunakan pedang sebagai atribut bagian tari.

Pada zaman dahulu tarian ini dilakukan oleh para ksatria perang untuk mendapatkan semangat dan kepercayaan diri sebelum berperang atau Mengayau. Konstum dan pakaian yang digunakan dalam tarian ini ialah pakaian adat khas dayak lengkap dengan tameng serta hiasan kepala.

7. Tari Jonggan

Tari Jonggan
Penari Tari Jonggan | Foto: Backpackerjakarta.com

Tarian adat Kalimantan selanjutnya adalah Tari Jonggan. Sebuah tarian tradisional asal Kalimantan Barat yang menggambarkan rasa suka cita dan bahagia dalam pergaulan masyarakat Dayak. Tari Jonggan sendiri berasal dari suku Dayak Kanayant.

Istilah dan penamaan Jonggan berasal dari bahasa Dayak sendiri yang berarti berjoget atau menari. Tujuan tarian ini sebagai hiburan saat ada acara atau kegiatan upacara adat Dayak. Fungsi lain dari kegiatan tari ini sebagai ajang bersosialisasi dan merekat keakraban masyarakat.

Baca juga: Tarian Adat Lampung

Demikianlah ulasan mengenai 7 tarian adat Kalimantan Barat dengan tampilan unik dan khas yang bisa kamu tahu dan pahami. Banyak keragaman dan nilai-nilai khas dan unik dalam setiap tarian tersebut yang menjadi daya tarik kekayaan budaya Pulau Kalimantan.

Gravatar Image
Perkenalkan saya Zafrul sebagai penulis atau kontributor dalam Takterlihat.com Semoga senang dan mendapat manfaat dari membaca tulisan saya. More about me : linkedin.com/in/zafroel/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *