6 Tarian Adat Jambi Populer dengan Corak Beragam Budaya

Posted on

Jumlah penari dalam pangelaran Tarian Tahun pada umumnya terdapat 4 orang laki-laki  dan 4 orang perempuan yang saling berpasangan menari dan melenggok mengikuti alunan musik Melayu dengan syair-syair pantun.

Hal menarik dalam tarian ini bahwa durasi pementasan tari tradisional ini tergantung kepada panjang atau pendeknya syair-syair pantun yang disenandungkan para penyanyi sehingga tidak jarang pagelaran tari ini bisa berlangsung dari senja sore hingga pagi hari setelahnya.

4. Tari Rangguk

Tari Rangguk Jambi
Penampilan Tari Rangguk Jambi | Foto: Budaya-indonesia.org

Tarian Rangguk ialah sebuah kesenian tari tradisional dari Suku Kerinci yang berkembang dan berasal dari masyarakat Dusun Cupak, Kerinci, Jambi. Nama dan kata “Rangguk” sendiri berasal dari bahasa Kerinci Hulu, sementara itu pada sebagaian Masyarakat Jambi yang berada di daerah Sungai Penuh biasa menyebutnya dengan nama “Ranggok”.

Sedangkan dalam makna dan artian, kata “Rangguk” memiliki pemahaman arti yang berbeda-beda. Terdapat pendapat yang mengatakan bahwa artinya ialah tari, ada juga yang mengatakan “Rangguk” berasal dari kata “Nganggok” yang berarti mengangguk sehingga dalam perkembangan kata berubah menjadi Rangguk.

Baca juga: Tarian Adat Riau

Dahulu Tari Rangguk bertujuan dan difungsikan sebagai media hiburan masyrakat, namun saat ini telah mengalami perkembangan tujuan sehingga tarian ini juga dipentaskan dalam rangka upacara penyambutan para tamu-tamu kehormatan.

Para penari Tarian Rangguk biasanya menggunakan kostum tari pakaian adat Melayu yang khas ditambah pelengkap properti berupa sebuah gendang kecil yang dipegang para penari. Dalam acara pementasan tariannya para penari akan berdiri sembari berbaris dengan menganggukan kepala kepada setiap tamu yang datang dengan melantunkan berbagai pantun ucapan selamat datang.

5. Tari Kubu

Tari Kubu Jambi
Atraksi Tari Kubu Jambi | Foto: Indonesiakaya.com

Tarian Kubu merupakan tarian yang cukup unik karena merupakan tarian tradisional Suku Kubu yang merupakan sebuah suku yang mendiami wilayah perbatasan antara Provinsi jambi dan Sumatra Selatan. Suku Kubu sering juga disebut dengan Suku Anak Dalam atau Suku Rimba yang hidup dengan secara semi-nomaden dengan menetap dan berpindah di suatu waktu.

Suku Kubu biasanya ditemukan di daerah sekitar hutan Taman Nasional Bukit 12. Kehidupan masyarakat Suku Kubu masih bersifat homogen dengan mata pencaharian utama mereka ialah berladang dan berburu.

Tari Kubu sendiri ditarikan oleh 5 orang penari laki-laki dan 5 orang penari perempuan dengan memakai pakaian khas yang biasa digunakan oleh masyarakat Suku Kubu. Gerakan pada Tarian Kubu berfokus pada gerakan hentakan kaki dan gerakan tangan para penarinya.

6. Tari Rentak Besapih

Tari Rentak Besapih Jambi
Penampilan Tari Rentak Besapih | Foto: Jambinetwork.com

Tarian Rentak Besapih adalah sebuah tarian tradisional Jambi yang memiliki hubungan dan ikatan erat dengan Provinsi Jambi. Hal ini berkaitan dengan faktor sejarah Jambi yang merupakan daerah kota perdagangan.

Karena dahulu menjadi salah satu pusat perekonomian di Sumatra maka banyak para pedagang dari berbagai macam daerah berdatangan ke Jambi sehingga membuat keragaman suku dan etnis yang terdapat di daerah ini. Kemudian dari keragaman inilah dicetuskan sebuah bentuk tarian yang bisa merepresentasikan akan hal itu di Jambi.

Tari Rentak Besapih dimainkan oleh 8 orang hingga 10 orang penari dengan menggunakan kostum pakaian adat Melayu Jambi ditambah hiasan dibagian kepala ditambah kain tenun khas Melayu. Gerakan tarian ini bisa dibilang cukup mirip dengan gerakan tarian khas Jambi lainnya yaitu dengan pola gerakan kombinasi pola lantai.

Baca juga: Tarian Adat Sumatra Barat

Itulah sedikit banyak pembahasan mengenai 6 tarian adat Jambi yang populer dengan corak beragam budaya yang bisa dijadikan informasi kekayaan adat dan budaya yang ada di Provinsi Jambi. Daftar tarian ini belum mencakup keseluruhan tarian adat Jambi karena terdapat lebih banyak lagi tarian yang unik dan memiliki ciri khas lainnya.

Gravatar Image
Perkenalkan saya Zafrul sebagai penulis atau kontributor dalam Takterlihat.com Semoga senang dan mendapat manfaat dari membaca tulisan saya. More about me : linkedin.com/in/zafroel/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *