5 Tarian Adat Bengkulu Bermacam Bentuk dan Jenis Tari

Posted on

Tarian Kejei juga tidak sembarangan dipentaskan, biasanya tarian ini dipentaskan dan ditarikan oleh masyarakat Rejang Lebong dalam acara-acara besar atau tertentu seperti penyambutan para biku pada zaman dahulu, acara adat marha, dan juga acara perkawinan. Dalam pelaksanaanya tarian ini juga diikuti oleh pemotongan kepala kerbau atau sapi sebagai bagian dari syarat adat.

Tari Lanan Belek

Tari Lanan Belek Bengkulu
Tari Lanan Belek | Foto: Sunflowords.com

Kesenian Tarian Lanan Belek merupakan sebuah seni tari yang terinspirasi dari sebuah cerita rakyat di Provinsi Bengkulu. Dalam cerita tersebut bahwa terdapat seorang bidadari khayangan yang kehilangan selendang miliknya sehingga tertinggal di Bumi untuk mencari selendangnya.

Ternyata selendang sang bidadari telah diambil oleh seorang pemuda saat bidadari itu mandi bersama-sama dengan bidadari lainnya di sebuah tempat di Bumi. Oleh karena itu, bidadari tersebut mencari selendangnya di Bumi hingga bertemu pemuda yang mengambil selendangnya dan kemudian akan menjadi suaminya walaupun sang bidadari tidak tahu pada awalnya selendang tersebut dahulu diambil atau dicuri suaminya.

Setelah hidup bersama dengan sang pemuda yang menjadi suaminya ternyata sang bidadari akhirnya menemukan selendang yang dahulu hilang. Ia merasa kecewa dan memutuskan untuk pergi meninggalkan suami dan bumi menuju ke khayangan kembali ke tempat asalnya.

Kisah itulah yang menjadi inspirasi diciptakannya Tari Lanan Belek sebagai gambaran cerita yang disampaikan melalui gerakan tari serta iringan musik yang mendukung. Latar belakang cerita tarian ini juga cukup mirip dan erat kaitannya dengan cerita Jaka Tarub yang berasal dari Pulau Jawa.

Ciri khas dari tarian ini dapat terlihat dari kostum busana penari yang begitu cantik dan gemulai menggambarkan sosok bidadari dengan baju khas Bengkulu yang dilengkapi dengan berbagai perhiasan pendukung.

Tari Bidadari Teminang Anak

Tari Bidadari Teminang Anak Bengkulu
Ilustrasi Tari Bidadari Teminang Anak | Foto: Netralnews.com

Tarian unik yang berasal dari daerah Rejang Lebong yang bernama Tari Bidadari Temimang Anak menjadi salah satu tarian yang cukup populer di daerah Bengkulu. Tarian ini juga dianggap makna dan nilai khasnya tersendiri sehingga menjadi identitas budaya kesenian tari yang menarik dan berbeda.

Dengan nama yang cukup panjang, tarian ini bercerita dengan latar belakang seperti namanya yaitu adanya seorang bidadari yang turun dari langit menuju ke Bumi dengan maksud akan mengangkat seorang anak yang memiliki artian berkah yang datang dari langit kepada para manusia di Bumi.

Tarian tradisional Bengkulu ini juga biasa dipentaskan oleh beberapa penari perempuan ditambah satu orang penari yang dibedakan dari segi busana karena menggambarkan seorang anak yang diangkat oleh bidadari dari Bumi. Gerakan tariannya sendiri terlihat dinamis dan gemulai ditambah para penari memakai kostum busana khas Rejang Lebong.

Tari Bubu

Tari Bubu Bengkulu
Penampilan Penari Tari Bubu | Foto: Indonesiakaya.com

Tarian Bubu sendiri memang menjadi salah satu tarian tradisional khas Bengkulu yang terinpirasi dari tradisi masyarakat Bengkulu yang sering menangkap ikan di sungai menggunakan suatu alat bantu yang bernama “Bubu”.

Biasanya Tari Bubu dilakukan oleh kaum pria dan wanita dengan jumlah yang biasanya genap serta tidak ada jumlah baku minimal atau maksimal para penarinya asalkan berjumlah genap. Hal yang menjadi ciri khas dari tarian ini adalah penggunaan properti Bubu sebagai bagian dari tarian yang dipegang oleh para penarinya.

Pakaian dan kostum busana yang dipakai oleh para penari Tari Bubu ialah pakaian baju kurung untuk penari perempuan dengan warna yang kontras serta terang seperti warna kuning, hijau, dan merah. Di pakaian penari Tari Bubu juga terdapat balutan kain songket yang menambah keindahan kostum dengan motif yang bewarna emas.

Baca juga: 7 Legenda dari Bengkulu

Demikianlah beberapa ulasan mengenai 5 tarian adat Bengkulu yang bermacam bentuk dan jenis tariannya. Daftar tarian ini belum mencakup keseluruhan tarian adat Bengkulu yang masih banyak terdapat jenis dan macamnya dengan ciri khas yang berbeda dalam setiap tariannya.

Gravatar Image
Perkenalkan saya Zafrul sebagai penulis atau kontributor dalam Takterlihat.com Semoga senang dan mendapat manfaat dari membaca tulisan saya. More about me : linkedin.com/in/zafroel/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *