5 Tarian Adat Banten dengan Keunikan dan Nilai Religiusnya

Posted on

Busana dan kostum yang digunakan pada Tari Cokek Banten ialah kebaya serta kain atribut yang berwarna terang dan cerah serta berkilauan. Warna yang mendominasi pakaian tarian ini ialah merah, hijau, kuning, dan hitam. Para penari wanita juga dilengkapi dengan hiasan kepala yang khas serta selendang kain panjang.

Para penari wanita dalam tarian ini akan mengajak salah satu tamu undangan pria dengan kain selendang untuk menari bersama. Kain selendang akan dikalungkan dibagian leher sebagai tanda ajakan ke atas panggung dan masyarakat menganggap ajakan tersebut bagi tamu pantang untuk ditolak.

4. Tari Dzikir Saman

Tari Adat Banten Dzikir Saman
Para Penari Tari Dzikir Saman | Foto : Metaonline.id

Tarian Dizikir Saman ialah tarian saman unik dari Banten yang dimana para penarinya semua kaum pria. Hal inilah yang membedakan Tari Dzikir Saman dengan Tari Saman Aceh yang dilakukan oleh para wanita.

Tarian adat Banteng ini memiliki gerakan berputar dan membentuk lingkaran tanpa diiringi alat musik. Dalam tariannya para penari menyebut shalawat Nabi dan Asmahul Husna sebagai pengiring suara tari. Tari ini dilakukan dan digelar dalam berbagai acara bernafaskan keagamaan islam seperti hari besar ataupun lainnya.

Kesenian khas ini dibuat bertujuan sebagai kegiatan penghibur dan pendidikan nilai agama serta ajang silahturahmi sosial antara warga masyarkat Banten

5. Tari Topeng Tani Banten

Tari Topeng Tani
Penari dan pertunjukan Tari Topeng Tani Banteng | Foto : Berbol.co.id

Kesenian Tari Topeng Tani muncul karena keadaan para pemuda dan pemudi yang ada di Nusantara mulai enggan dan malu untuk menjadi seorang petani. Kemunculan tarian ini menjadi semacam pesan yang ingin disampaikan bahwa profesi sebagai seorang petani merupakan sebuah pekerjaan yang membanggakan.

Baca juga: Tarian Adat Jawa Timur

Bahkan negara Indonesia dikenal juga sebagai negara agraris yang memiliki potensi dan penduduk yang bekerja pada sektor pertanian. Oleh sebab itu, kesenian ini hadir untuk menyampaikan pesan penting tersebut kepada para kaum muda.

Tarian Topeng Tani ini biasanya dilakukan oleh para pria dengan gerakan yang gemulai dan halus. Jumlah para penari menyesuaikan dengan acara yang akan dipentas. Busana tari dan kostum terlihat simpel namun unik dengan kain hitam dan kebaya berwarna hijau ditambah tutupan kepala berupa caping yang diwarnai dan digambar membentuk sebuah wajah sebagai ciri khas tarian ini.

Demikianlah ulasan tarian adat Banten dengan keunikan dan nilai religiusnya yang bisa kamu pahami dan lestarikan sebagai bagian dari kekayaan budaya dan warisan leluhur Nusantara yang patut dijaga oleh para generasi muda dan masyarakat umum.

Gravatar Image
Perkenalkan saya Zafrul sebagai penulis atau kontributor dalam Takterlihat.com Semoga senang dan mendapat manfaat dari membaca tulisan saya. More about me : linkedin.com/in/zafroel/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *