Sejarah Tari Kataga, Tari Khas Sumba yang Terkenal

Posted on

Lalu bagaimana dengan kostum yang dipakai oleh para penari yang ingin mempertunjukkan tarian Kataga? Umumnya mereka akan mengenakan busana adat Sumba.

Untuk laki-laki, mereka akan mengenakan kaos maupun dibiarkan terbuka di bagian atas. Selanjutnya, di bagian bawah mengenakan celana pendek.

Untuk bagian luarnya, mereka akan mengenakan kain putih khas serta ikat pinggang besar yang berwarna hitam.

Di bagian kepala, mereka akan mengenakan ikat kepala dengan beragam model dan warna. Setelah itu, mereka juga akan menggunakan pedang dan juga tameng berbentuk lingkaran yang dipakai sebagai alat pelindung dari serangan musuh.

Gerakan Tari Kataga

gerakan Tari Kataga
gerakan Tari Kataga – foto ig @ellapagegi

Sebagian besar gerakan Tari Kataga merupakan gerakan ayunan pedang serta gerakan kaki yang melompat-lompat, lalu diikuti gerakan badang seperti halnya ketika menghindari musuh.

Gerakan tersebut juga diselingi dengan menepukan tameng atau perisai pada saat melakukan formasi berbaris. Terdapat juga teriakan yang cukup keras dan nyaring ketika melawan musuh.

Tari Kataga ditampilkan dengan penuh tenaga dan semangat. Untuk setiap gerakannya cukup sulit dan memang tidak bisa langsung dikuasai hanya satu atau dua kali coba.

Jika ada orang yang berniat belajar Tari Kataga, mereka harus benar-benar fokus untuk mempelajari tari ini. Bukan itu saja, diperlukan kekompakan agar tarian ini benar-benar enak dilihat.

Jadi, Tari Kataga bukan hanya soal kemampuan individu saja. Namun semua orang yang tergabung dalam Tari Kataga harus benar-benar kompak.

Untuk jumlah penari biasanya minimal 8 orang dan didominasi oleh kaum laki-laki. Tari Kataga juga akan diikuti oleh permainan musik khas dari alat musik berupa gong yang dimainkan dalam tempo cepat, ditambah dengan tariakan para penari.

Ada juga suara yang berasal dari tepukan tameng dan gemerincing lonceng yang dipakai di badan para penari. Dengan memadukan semua hal tersebut, maka akan menghasilkan sebuah Tari Kataga yang sangat indah.

Makna yang Terkandung Dalam Tari Kataga

makna tari kataga
makna tari kataga – foto ig @mike.eng.naftali

Tari Kataga memiliki arti tersendiri dimana tari ini diangkat dari sejarah masyarakat Sumba pada jaman dahulu. Tarian ini mempunyai nilai seni dilihat dari kostum dan gerakan para penarinya.

Sementar untuk nilai filosofisnya, tarian ini merupakan sebuah simbol kekuatan, ketangkasan, dan keberanian di dalam menegakkan kebenaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *