Sejarah Tari Kataga, Tari Khas Sumba yang Terkenal

Posted on

Tari Kataga – Pernah melihat Tari Kataga? Tari Kataga merupakan salah satu tari tradisional yang merupakan tari atraksi perang.

Tari ini sangat populer di Sumba Barat, NTT. Orang-orang yang memainkan tarian ini adalah para kaum pria dengan mengenakan kostum adat lengkap dengan senjata. Untuk senjata yang digunakan yaitu pedang dan tameng.

Tari Kataga biasanya ditunjukkan ketika ada acara trip sumba atau perayaan tertentu seperti upacara adat, festival kebudayaan, acara penyambutan tamu, dan lain sebagainya.

sejarah Tari Kataga
sejarah Tari Kataga – foto ig @ellapagegi

Sampai sekarang pun tradisi menarikan Tari Kataga masih dipertahankan dan terus diajarkan kepada para generasi muda agar tari tradisional dari Sumba ini tidak punah.

Asal Usul Tari Kataga, Tari Sumba yang Populer

Dulu, ketika jaman masih Megalitikum di Anakalang, berlangsung pertempuran antar marga (antar suku dan kampung). Pertempuran ini dinamakan sebagai perang tanding.

Peperangan tersebut menyebabkan kekacauan dan ketakukan dimana-mana. Perang ini juga menjadi perang yang sangat mengerikan.

Tari Kataga
Tari Kataga – foto ig @ellapagegi

Hal ini karena pihak yang berhasil memenangkan peperangan akan membawa kepala dari pihak yang kalah dan dijadikan sebagai simbol kemenangan.

Lalu apa yang akan dilakukan dengan kepala tersebut? Kepala musuh yang berhasil mereka penggal kemudian akan digantung di Adung Pelataran atau Tolara.

Jika nanti ada pihak ketiga yang akan mengadakan perjanjian damai, maka mereka bisa mengambil tengkorak kepala musuh tersebut yang akan dijadikan sebagai simbol perdamaian.

Umumnya, jika sudah berdamai maka prajurit-prajurit yang ikut dalam perang akan mulai mengajarkan bagaimana cara menyerang, bertahan, menangkis, menghindar, bahkan bagaimana cara untuk memotong kepala musuh.

Setelah peperangan ini benar-benar hilang, maka diganti dengan gerakan tari yang kita kenal dengan sebutan Tari Kataga.

Kata Telaga sendiri berasal dari Kataghu yang memiliki arti memotong kepala korban perang dengan mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan lawan.

Kostum Tari Kataga

Tari Kataga sumba
Tari Kataga sumba – foto ig @kupangnet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *