7 Rumah Adat Sumatra Barat, Antik dan Klasik!

Posted on

Jadi masyarakat Pakayumbuh menganalogikan atap tidak simetris tersebut sebagai raja yang berdampingan.

Rumah Gadang Jenis Gajah Maharam

Rumah Adat Gadang Jenis Gajah Maharam
Gadang Jenis Gajah Maharam – Sumber: Aminama

Gadang Jenis Gajah Maharam menjadi rumah adat paling kokoh diantara yang lainnya. Kombinasi 3 buah kayu yaitu kayu kelapa, kayu juar dan kayu surian membuat rumah adat Sumatra Barat ini semakin mewah. Seng dimanfaatkan sebagai atap rumah pengganti ijuk.

Gadang jenis ini wajib dibangun menghadap ke arah utara. Pada bagian dindingnya terdapat ukiran-ukiran indah tentang flora. Gonjong bagian atap ada 5 buah dengan 4 teresebar di samping kanan dan kiri, sedangkan sisanya berapa pada bagian depan. Gadang Jenis Gajah maharam mempunyai 4 ruang kamar dengan ukiran antik masyarakat Minangkabau.

Rumah Gadang Batingkek

Rumah Adat Sumatera Barat Gadang Batingkek
Rumah Gadang Batingkek – Sumber: TheMoonDoggies

Batingkek artinya bertingkat. Gadang Batingkek dapat kamu temukan di Desa Pasir, Singkarak. Gaya arsitekturnya menyerupai Gadang Jenis Gajah Maharam namun gojongnya bertingkat. Bangunan asli Gadang Batingkek memiliki 4 gonjong bertingkat.

Baca juga: Rumah Adat Aceh

Diantara kelompok Gadang, Gadang Batingkek adalah rumah adat Sumatra Barat yang paling tua. Material pembangunannya berasal dari kayu dan atapnya terbuat dari ijuk kering yang disusun sangat rapi.

Rumah Gonjong Anam

Gonjong Anam
Rumah Gonjong Anam – Sumber: Pasbana

Masuk dalam kelompok Gonjong ada Rumah Adat Gonjong Anam. Bangunan rumah ini menyerupai Gadang Jenis Gajah Maharam. Poin yang membedakan adalah bagian ukiran dinding tidak lagi menggunakan floral tetapi lebih modern.

Material yang dipakai bagian salangkonya sudah tidak memakai bambu yang dianyam, tetapi memanfaatkan papan kayu. Selain itu jendela pada Gonjong Anam lebih banyak daripada rumah adat Sumatra Barat lainnya.

Dinamakan Gonjong Anam karena jumlah Gonjong pada bagian atap berjumlah 6. Secara desain, bangunan ini lebih modern daripada sebagian rumah adat lainnya.

Rumah Gonjong Ampek Baanjuang

Gonjong Baanjuang
Rumah Gonjong Ampek Baanjuang – Sumber: Budaya-Indonesia

Gonjong Ampek Baanjuang adalah rumah adat Sumatra Barat yang memiliki pembagian ruangan yang banyak. Sedikitnya lebih dari 7 ruang ada dalam Gonjong Ampek Baanjuang. Yang lebih spesial lagi, Gonjong Ampek Baanjuang hanya bisa dibangun di Luhah Nan Tigo, Padang.

Gonjongnya berjumlah 4 buah dengan material atap masih menggunakan ijuk kering yang disusun rapi. Ciri lainnya dari Gonjong Ampek Baanjuang adalah tambahan anjung pada bagian kanan dan kiri rumah ini.

Rumah Gonjong Sibak Baju

Gonjong Ampek SIbak Baju
Rumah Gonjong Sibak Baju – Sumber: Researchgate

Masih sama dengan Gonjong Anam, Gonjong Sibak Baju juga meniru gaya arsitektur Gadang Jenis Gajah Maharam. Dinamakan Gonjog Sibak Baju karena bentuk rumah ini serupa dengan menyibak baju.

Material pembuatan dari rumah adat ini berupa kayu, sasak dan seng sebagai atapnya. Bagian atap juga memiliki gonjong pada sisi kanan dan kirinya.

Baca juga: Rumah Adat Sumatera Utara

Keanekaragaman dari rumah adat di Sumatra Barat adalah salah satu bukti bahwa Indonesia indah dan kaya akan budaya. Sebab itu jelajahilah mulai dari ilmu budayanya hingga bentuk aslinya. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *