Rumah Adat Kalimantan Utara

Posted on

Rumah Baloy ini menggunakan model rumah singgung, yang kalian pasti tau bahwa rumah panggung ini bisa dibangun atau bisa terletak air dibawah rumahnya. Nah bahan rumah Baloy ini dari kayu, DNA kayunyaoun berasal dari Kalimantan lho, bukan dari daerah lain.

Rumah Baloy juga sering sekali dipakai untuk musyawarah, karena katanya suku Tidung itu sangat cinta sekali dengan kedamaian, jadi jika ada perdebatan atau ada perselisihan, mereka akan menyelesaikan nya secara musyawarah, wah hebat bukan? Ini salah satu contoh sangat baik yang wajib banget kita tiru, karena menyelesaikan masalah bukan Dnegan kepala dingin, justru memperkeruh suasana ya.

Dalam suatu hal, pasti ada makna dibalik itu, sama seperti rumah Baloy yang memiliki makna tersendiri, bisa dibilang filosofinya. Untuk atap rumah Baloy itu menggambarkan bahwa mereka sebagian besar adalah nelayan dan pelaut.

Untuk suku Tidung sendiri, kalian pasti sangat asing dengan suku itu, mungkin jika kalian orang Kalimantan pasti tahu ya. Suku Tidung ini memang awalnya tidak banyak yang tahu, ibarat orang sedang berbicara dan volumenya sangat kecil jadi tidak terdengar. Tapi, seiring perkembangan zaman, suku Tidung semakin terlihat dan semakin dikenal juga oleh masyarakat luas.

Baca juga: Rumah adat papua

Kamu tinggal di sebuah daerah pastinya memiliki kebanggaan tersendiri, bukan? Sama nih seperti masyarakat suku Tidung, mereka sangat bangga dengan keunikan adat dan budaya mereka sendiri. Benar-benar patut diapresiasikan ya kebudayaan yang benar-benar kaya raya.

Setelah kamu baca penjelasan diatas, apakah kamu ingin pergi ke Kalimantan untuk memastikan apakah benar atau tidak tentang kekayaan budaya, adat bahkan keunikannya pun sangat-sangat luar biasa, dan patut dicontoh untuk hal-hal yang sangat banyak positifnya.

Kalian akan mendapat banyak pengalaman yang sangat mengasyikan jika kalian pergi ke daerah-daerah di seluruh penjuru Indonesia sambil mempelajari budaya, adat, bahkan sampai kebiasaan disana yang positif bisa kalian pelajari juga. Karena dari situlah bisa terlihat seberapa besar wujud nyata cinta kita terhadap tanah air, Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *