Rumah Adat Bali dan Detail Bangunannya

Posted on

Dinding pembatas pada Aling-aling biasa disebut dengan penyengker. Bagian dalamnya terdapat ruangan yang digunakan untuk beraktivitas bagi penghuni rumah.

Material Rumah Adat Bali

Bali memiliki sistem kasta yang diadaptasi dari agama Hindu. Sistem kasta inilah yang menjadi salah satu penyebab material pembangunan rumah adat di Bali tidak sama. Selain kasta, faktor ekonomi dari masing-masing keluarga juga berpengaruh dalam pembangunan rumah.

Bagi masyarakat biasa, dinding rumah dibuat dari speci yang berasal dari tanah liat atau popolan. Atapnya terbuat dari ijuk atau alang-alang yang disusun rapi. Sedangkan bagi masyarakat dengan kasta dan ekonomi menengah ke atas, maka dinding dibuat dari tumpukan bata. Bagian atap rumahnya ditutup dengan genting yang disusun secara rapi pula.

Detail Bangunan / Struktur

Masyarakat Pulau Dewata ini mempunyai 7 struktur bangunan yang ada dalam satu rangkaian rumah adat Bali. Berikut 7 struktur bangunannya:

Rumah Adat Bale Manten

rumah adat bali bale manten
Sumber: Forunstate

Bale Manten berada di sebelah utara setelah masuk gapura. Fungsi bangunan ini adalah tempat para anak gadis pemilik rumah. Beberapa masyarakat ada yang menggunakannya sebagai tempat singgah bagi kepala keluarga.

Desainnya berbentuk persegi panjang dengan material kayu serta batu bata sebagai pondasinya. Bagian atap memanfaatkan genting.

Masyarakat Bali beranggapan bahwa membangun Bale Manten merupakan sebuah bentuk perhatian keluarga terhadap anak gadis yang dimiikinya.

Bale Dauh

bale dauh
Sumber: TheMoonDoggies

Bale Dauh digunakan sebagai tempat untuk menerima tamu keluarga. Selain itu, bangunan ini juga berfungsi sebagai tempat istirahat remaja laki-laki.

Desainnya serupa dengan Bale Manten, yaitu persegi panjang. Material bangunan yang digunakan pun sama. Perbedaan yang mencolok dari Bale Manten dan Bale Dauh adalah peletakkan bangunan. Bale Dauh berada di sisi barat bagian dalam ruangan. Lantainya pun dibuat lebih rendah dari Bale Manten.

Bale Gede

bale gede
Sumber: TheMoonDoggies

Bale Gede digunakan masyarakat Bali sebagai tempat melaksanakan upacara adat. Fungsi lainnya dari Bale Gede adalah tempat untuk menghidangkan makanan khas Bali, menghidupkan sesaji dan berkumpul.

Desainnya lebih besar ketimbang Bale Manten dan Bale Dauh. Bentuknya persegi panjang dengan tiang yang berjumlah 12. Pondasinya lebih tinggi daripada Bale Manten dan Bale Dauh.

Bale Sekapat

Bale Sekapat
Sumber: TheMoonDoggies

Kalau dalam adat Jawa, desain dari Bale Sekapat ini mirip dengan gazebo. Fungsinya pun mirip dengan gazebo, yaitu digunakan sebagai tempat bersantai bagi keluarga. Di Bale Sekapat inilah antara anggota keluarga saling becengkrama membangun keakraban.

Jineng atau Klumpu

jineng
Sumber: TheMoonDoggies

Jineng digunakan masyarakat Bali sebagai tempat menyimpan padi. Bagian bawah untuk padi yang belum dijemur, sedangkan bagian atas untuk padi yang telah dijemur.

Sayangnya bangunan ini sudah susah ditemukan di Bali. Beberapa yang masih mempertahankan Jineng, namun mengubah material aslinya. Jineng dulunya dibuat dari kayu seluruhnya. Karakteristik dari Jineng adalah arsitekturnya yang mirip gua dengan pondasi yang tinggi.

Pawaregen

pewaregen
Sumber: Badan Penghubung Provinsi Bali

Masyarakat provinsi ini menyebut dapur dengan istilah Pawaregen. Lokasinya berada di sebelah barat rumah utama dan tidak menyatu. Areanya dibagi menjadi 2, yaitu area untuk menyimpan alat-aat dapur dan area untuk memasak.

Lumbung

lumbung
Sumber: TheMoonDoggies

Lumbung difungsikan sebagai tempat untuk menyimpan bahan pokok bagi masyarakat Bali. Misalnya beras, jagung, umbi atau sejenisnya. Desainnya hampir sama dengan lumbung yang ada di Pulau Jawa.

Itu dia Rumah Adat Bali beserta detail bangunannya. Sekarang kamu jadi lebih tahu kan budaya di Pulau Dewata ini? Semoga bermanfaat ya!

Sumber:

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Bali
  • https://moondoggiesmusic.com/rumah-adat-bali/
  • https://aminama.com/rumah-adat-bali/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *