Legenda Terkenal Tangkuban Perahu Asal Bandung, Jawa Barat

Posted on

Baca juga: Sejarah masuknya islam ke Indonesia

Ketika dalam persiapan untuk menikah, Dayang Sumbi menyisir kepala Sangkuriang dan melihat terdapat bekas luka yang sangat parah.
Dayang Sumbi pun terengah dan melihat baik-baik Sangkuriang. Rupanya Dayang Sumbi akan menikah dengan putranya sendiri. Dayang Sumbi pun menjelaskan kepada Sangkuriang bahwa dia adalah seorang ibunya sendiri.

Tetapi Sangkuriang menghiraukan hal tersebut. Dayang Sumbi pun tidak terima atas tawaran anaknya itu. Akhirnya Dayang Sumbi meminta kepada Sangkuriang satu syarat agar bisa menikahinya. Dayang Sumbi meminta Sangkuriang untuk membuatkan sebuah danau dan terdapat kapal didalamnya dalam waktu 1 malam. Hal ini diminta karena Dayang Sumbi menganggap bahwa permintaan ini mustahil untuk dibuat dalam 1 malam.

Baca juga: Sejarah Gunung Krakatau

Akan tetapi, Sangkuriang bersama para jinnya membuatkannya dan hampir selesai. Dayang Sumbi pun memohon kepada Sang Hyang agar membatalkan pernikahannya. Doa tersebutpun dikabulkan dan Sangkuriang sangat marah karena pekerjaannya tidak selesai. Sangkuriang menendang kapal yang sudah dibuatnya dan berposisi terbalik. Itulah yang menyebabkan Gunung Tangkuban Perahu seperti kapal terbalik.

Pesan moral yang terdapat dari legenda ini yaitu kita tidak diperbolehkan menikahi keluarga kita sendiri khususnya ibu kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *