8 Legenda dari NTB

Posted on

Namun, justru ada serangan ikan yang mampu membuat mereka terluka. Teratai itu pun mengarah ke Seruni, dia langsung menaikan teratai itu dan pergi jauh hingga ke tengah laut. Ada yang mengatakan jika perginya Seruni ke tengah laut itu adalah berjumpa dengan arwah Sandubaya.

Asal Mula Pulau Lombok

Asal Mula Pulau Lombok
Sumber: apahabar.com

Legenda penamaan Pulau Lombok dimulai dari adanya rakyat Mataram di Jawa Tengah yang melakukan perjalanan ke arah timur tanpa tujuan yang pasti. Mereka mendarat di sebuah pelabuhan. Lama kelamaan, mereka tinggal di sekitar pelabuhan itu dan disebut dengan orang sak-sak, karena perahu bercadik yang mereka gunakan itu disebut sebagai sak-sak.

Baca juga: 8 Legenda Sulawesi Selatan

Lantas, pelabuhan yang mereka singgahi tadi dinamakan sebagai pelabuhan Lomboq, yang dalam bahasa sak-sak berarti lurus. Sekarang nama Lomboq telah berubah menjadi Lombok dan dinamakan untuk nama pulau. Setelah penamaan itu, Lombok menjadi sebuah kerajaan yang cukup besar.

Legenda Putri Mandalika

Putri Mandalika
Sumber: goodnewsfromindonesia.id

Sudah selayaknya setiap putri raja akan mempunyai wajah yang cantik, tak terkecuali Putri Mandalika. Banyak pangeran yang datang padanya untuk meminang dan anehnya tak ada satupun yang ditolak karena dia tak mau menyakiti hati para pangeran itu. Hal ini malah menimbulkan peperangan.

Putri Mandalika pun bersedih atas apa yang sebenarnya terjadi, dia kemudian memutuskan untuk mengumpulkan semua pangeran pada tanggal 20, bulan 10 penanggalan Sasak. Ternyata Putri Mandalika ingin mengorbankan dirinya di depan para pangeran, rakyat, dan ayah ibunya. Dia tak mau malah menyakiti hati pangeran yang lain jika dia memilih satu pangeran saja.

Dari peristiwa ini, Putri Mandalika yang menceburkan diri ke laut diduga menjelma menjadi cacing laut yang disebut Nyale dengan paduan warna putih, hitam, kuning, hijau, dan coklat. Serta peristiwa ini juga dikenang sebagai upacara Bau Nyale atau menangkap cacing laut.

Legenda Raja Pertama Kerajaan Selaparang

Raja Pertama Selaparang
Sumber: mobillombok.com

Sebelum Pulau Lombok ditempati oleh banyak orang, ada sebuah anak yang lahir dengan kekuatan luar biasa. Anak itu suka makan banyak, bahkan sejak dia baru lahir. Ayahnya yang sangat jengkel dengan perilaku Doyan Nada membuatnya ingin melenyapkan Doyan Nada, namun selalu saja gagal karena kesaktiyan Doyan Nada.

Untuk menghindari niat buruk ayahnya itu, Doyan Nada pergi bertualang hingga bertemu dengan dua pertapa yang menjadi sahabatnya. Bersama sahabatnya ini, dia berhasil mengalahkan raksasa besar serta menyelamatkan 3 orang tawanan raksasa itu. Salah seorang tawanan itu adalah putri Raja Majapahit. Singkatnya, Doyan Nada menikahi Putri tersebut dan mulai mendirikan kerajaan di Selaparang, tempat kelahirannya dulu.

Legenda Ki Rangga dan Prabu Aria Pelabu

Ki Rangga dan Prabu Aria
Sumber: cerita-kancil.blogspot.com

Prabu Aria Pelabu telah dikaruniai dua anak perempuan, tapi begitu mendambakan anak laki-laki. Permintaannya itu pun bersambut saat menemukan bayi laki-laki yang dihanyutkan di sungai. Sebenarnya, seorang peramal tidak menyarankan bayi laki-laki itu untuk diasuh oleh Prabu karena dia akan menyebabkan malapetaka di masa depan. Namun, sang istri dan kedua anaknya begitu menginginkan bayi laki-laki itu, maka tetap diangkatlah bayi itu.

Benar saja, saat dewasa, bayi yang diberi nama Ki Rangga itu malah menyukai kedua kakaknya, padahal dia sudah beristri. Maka, terjadilah pertikaian antara Prabu Aria dan Ki Rangga. Hanya saja, Ki Rangga yang punya kekuatan sakti sulit untuk dikalahkan. Berkat adanya dua prajurit yang siap membantu Prabu, maka Ki Rangga berhasil dikalahkan dengan siasat yang begitu pintar.

Baca juga: 4 Rumah Adat NTT Serta Arsitekturnya Lengkap!

Selesai sudah diceritakan 8 legenda dari NTB mulai dari legenda Putri Cilinaya yang mengharukan hingga kisah dari Ki Rangga yang memicu pertikaian dengan Prabu Aria Pelabu. Selain legenda yang ada di NTB ini, kamu juga bisa mencari tahu tentang legenda dari daerah lainnya yang ada di Indonesia. Dengan begitu, kamu akan tahu kalau Indonesia bukan hanya akan keindahan alamnya, tapi juga kaya akan keanekaragaman budayanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *