Jenis-jenis Komposisi yang Sering Digunakan Pada Sebuah Foto

Posted on

Sering dikatakan bahwa garis diagonal dan segitiga menambah kesan ‘dinamis’ untuk sebuah foto. Garis ini juga bisa membuat foto kita lebih stabil. Biasanya komposisi ini diambil atas pertimbangan benda-benda disekitar kita yang memiliki bentuk segitiga. Contohnya gambar jalan yang menyudut dan terdapat benda lain disekitar yang berbentuk segitiga seperti pilar pada jembatan.

  1. Isi penuh bingkai

Jenis-jenis Komposisi yang Sering Digunakan Pada Sebuah Foto

Komposisi ini sangat mudah dilakukan. Hal ini biasanya ingin menampilkan seluruh detail subjek yang diambil. Hanya perlu memilih satu subjek yang menarik, kemudian tinggal ambil gambarnya. Jika subjek tersebut merupakan makluk hidup, hal tersebut bisa menjadi momen yang tepat, seperti pada saat tersenyum, menangis, atau tertawa.

  1. Simplicity dan minimalis

Jenis-jenis Komposisi yang Sering Digunakan Pada Sebuah Foto

Mengambil gambar dengan gaya simpel merupakan teknik mengambil gambar yang menekankan pada subjek utama tanpa adanya distraksi dari lingkungan sekitar. Hal ini juga bisa dilakukan dengan memperbesar (zoom) ke bagian subjek yang ingin kamu ambil gambarnya. Komposisi ini identik dengan adanya background yang minimalis tanpa adanya banyak elemen. Contohnya adalah gambar air diatas daun.

Itulah beberapa teknik komposisi yang bisa kamu gunakan. Tentunya kamu ingin hasil foto yang sempurna dengan komposisi yang seimbang bukan? Mungkin kamu juga bisa mencari referensi komposisi foto lain. Namun, tidak ada salahnya untuk mempelajari beberapa komposisi yang sering digunakan ini. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *