8 Legenda dari Riau

Posted on

Dahulu di Negeri Tiangkerasen di Riau, seorang raja jatuh cinta dengan seorang gadis, lalu memutuskan untuk menikahi gadis itu. Padahal raja tersebut telah mempunyai istri dan anak juga. Hubungan itu ditentang oleh anak dan istri pertamanya sehingga membuat sang raja memutuskan untuk mengakhiri hubungan tersebut dengan menghanyutkan si istri muda di sungai.

Nasib baik masih memihak si istri muda yang saat itu sedang hamil sehingga dia mampu selamat. Dia pun melahirkan anak bernama Aji Bonar yang saat dewasa dikenal dengan kepiawaiannya bermain gasing. Tersiar kabar jika putra raja Negeri Tiangkerasen menantang Aji Bonar.

Bahkan, dia bertaruh dengan sombongnya kalau dia akan memberikan kerajaan dan seisinya untuk Aji Bonar, jika dia bisa mengalahkan putra raja tersebut.Aji Bonar yang begitu piawai itu pun dengan mudahnya mengalahkan putra raja yang angkuh dan sombong. Akhirnya, kerajaan yang sudah dipertaruhkan itu jatuh ke tangan Aji Bonar.

Putri Mambang Linau

Putri Mambang Linau
Sumber: dongeng.kamikamu.net

Jika kamu pernah mendengar legenda jaka tarub dan para bidadarinya, maka legenda ini sedikit mirip dengan kisah tersebut. Diawali dengan Bujang Enok yang menyelamatkan tujuh bidadari yang sedang mandi di hutan dari serang ular berbisa.

Bujang Enok takjub dengan kecantikan tujuh bidadari yang ada dihadapannya. Dia lantas mengutarakan keinginannya untuk menjadikan seorang bidadari berselendang jingga sebagai istrinya, bernama Putri Mambang Linau. Putri Mambang Linau dengan senang hati menerima permintaan Bujang Enok. Namun, dia mengajukan syarat kalau Bujang Enok tidak boleh menyuruhnya menari, jika tidak, maka dia akan kembali ke kahyangan.

Tiba saatnya perayaan yang diadakan oleh raja, yang mana semua istri dari kepala kampung harus mempersembahkan tarian yang indah untuk raja. Dengan berat hati, Bujang Enok memohon pada Putri Mambang Linau untuk menuruti permintaan raja. Seperti yang diperkirakan, Putri Mambang Linau pun kembali ke kahyangan setelah tarianya selesai.

Kota Dumai dan Putri Tujuh

Kota Dumai
Sumber: jpnn.com

Kota Dumai merupakan salah satu kota yang ada di Riau yang kini telah terkenal sebagai kawasan kilang minyak. Sebelumnya, kota ini adalah Kerajaan Seri Bunga Tanjung yang dipimpin oleh Ratu Cik Sima yang memiliki 7 putri cantik. Salah satunya bernama Mayang Sari.

Pangeran Empang Kuala jatuh cinta melihat kecantikan dari Mayang Sari dan memutuskan untuk melamar Mayang Sari. Namun, lamaran tersebut ditolak dan memicu terjadinya perang. Ketujuh putri Cik Sima terpaksa disembunyikan di dalam goa. Lambat laun, perang itu tak kunjung selesai dan hanya menyisahkan banyak korban.

Utusan Cik Sima akhirnya mengusulkan untuk mengakhiri perang, dan betapa terpukulnya Cik Sima saat tahu jika ketujuh putrinya sudah meninggal akibat kelaparan di dalam goa. Kisah ini pun melegenda hingga membuat negeri tersebut beralih nama menjadi Dumai.

Puteri Kaca Mayang dan Panglima Gimpam

Putri Kaca Mayang
Sumber: pesonasiak.id

Pada masa dulu, di Riau terdapat sebuah kerajaan bernama Kerajaan Gasib yang dilindungi oleh panglima bernama Panglima Gimpam. Pada suatu waktu, Raja Aceh melamar putri Kerajaan Gasib yang bernama Putri Kaca Mayang. Namun, lamaran itu ditolak dan membuat Raja Aceh murka sehingga dia mengisyaratkan peperangan.

Kerajaan Gasib dibawah kendali Panglima Gimpam telah menyiapkan taktik perang, hanya saja taktik itu telah bocor pada lawan sehingga istana Kerajaan Gasib lebih dulu terserang. Putri Kaca Mayang juga tak luput dibawa lari oleh pasukan Raja Aceh.

Panglima Gimpam yang merasa terkecoh, akhirnya lekas datang ke markas Raja Aceh, serta dengan kekuatannya berhasil membawa Putri Kaca Mayang pergi. Sayangnya, Putri Kaca Mayang nampak terluka, sehingga dia akhirnya meninggal sebelum sampai di kerajaan. Meninggalnya Putri Kaca Mayang telah memberikan duka paling besar bagi seluruh warga kerajaan dan keluarga kerajaan itu sendiri.

Itulah tadi 8 legenda dari Riau yang kisahnya sangat beraneka ragam mulai dari cerita bernuansa fabel, kerajaan, serta asal mula suatu daerah. Pada setiap legenda yang telah dikisahkan, kamu juga bisa mengambil pelajaran dari pesan-pesan moral yang tersimpan secara tersirat tersebut.

Sumber:

https://gpswisataindonesia.info/2018/11/cerita-rakyat-riau/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *