7 Sejarah Candi yang ada di Indonesia

Posted on

Candi ini di bangun pada abad ke-9 dengan ketinggian bangunan sekitar 47 meter serta memiliki ornamen yang sangat mengagumkan. Candi yang bercorak Hindu ini adalah yang terbesar dan termegah.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Candi Prambanan Anda dapat langsung menuju Jl. Raya Solo – Yogyakarta No. 16 Kranggan, Bokoharjo Kec. Prambanan Kab. Sleman. DIY.

4. Candi Penataran

Fokusjambi.com

Candi yang satu ini berlokasi di Penataran, Nglegok Blitar. Nama lain dari candi ini adalah Candi Palah yang termasuk kedalam jenis candi peninggalan agama Hindu.

Pendirian dan awal dibangunannya candi yang berada di Jawa Timur ini sekitar pada tahun 1120 M, yang pada saat itu di pimpin oleh kerjaan Kediri yang kemudian diteruskan hingga 1415 M oleh kerajaan Majapahit.

Candi ini di bangun guna bertujuan sebagai tempat beribadah dan pemujaan ajaran Hindu dikarenakan pada massa itu sering terjadinya letusan gunung merapi yakni Gunung Kelud dan letak candi pun tidak jauh dari gunung tersebut.

Oleh karena itu umat Hindu terus melakukan pemujaan dikarenakan efek dari letusan gunung yang secara berangsur – angsur.

Selain itu, candi ini memiliki relief yang sangat berbeda dari candi lainnya karena banyaknya relief yang berada di luar nalar selain menggambarkaan mengenai peperangan, serta terdapat apa saja pada massa itu candi ini pun memiliki beberapa relief mengenai kisah asmara.

5. Candi Mendut

Jejakpiknik.com

Candi Mendut berlokasi di Jl. Magelang Sumberrejo, Mendut, Mungkid Magelang Jawa Tengah.

Candi yang bercorak Budha ini di bangun bertujuan sebagai tempat pemujaan Dewi Kesuburan untuk memintanya sebuah keturunan, maka dari itu candi ini di bangun di peruntukkan kepada umat Budha yang sulit memiliki anak dan mereka melakukan pemujaan di Candi Mendut tersebut.

Candi ini dilakukan pengukuhan pada tahun 1991 dan di pulihkan pada tahun 1925, untuk letaknya sendiri candi ini tidak jauh dari Candi Borobudur di perkirakan Anda dapat menempuh sekitar 3 KM untuk sampai ke Candi Mendut.

Selain itu, candi ini termasuk kedalam 7 keajaiban dunia karena menjadi candi tertua dari Candi Borobudur.

6. Candi Plaosan

Tempatwisataindonesia.id

Candi Plaosan merupakan candi yang bercorak Budha dan berlokasi di Jl. Candi Plaosan Lor Bugisan, Kec. Prambanan. Kab. Klaten Jawa Tengah.

Candi yang di sebut sebagai candi kompleks ini memiliki bangunan yang sangat cantik. Candi ini selain cantik ternyata memiliki kisah yang sangat romantis di bandingkan dengan candi lainnya yang jika di ibaratkan seperti kisah cintanya Romeo dan Juliet.

Candi ini di perkirakan di bangun pada abad ke-9 M yang dimana pada tahun tersebut di pimpin oleh kerajaan Mataram.

Jika Anda penasaran dengan candi yang satu ini dan ingin mengunjunginya Anda tidak perlu khawatir karena untuk menuju tempat wisata yang satu ini tidak jauh dari Candi Sewu yang dapat Anda tempuh sekitar 1 KM.

7. Candi Dieng

Javaloka.com

Baca juga: Museum di Surabaya no 1 wajib dikunjungi 

Candi Dieng merupakan candi yang bercorak Hindu dan berdiri pada abad ke-7, candi ini terletak di dataran tinggi Dieng Jawa Tengah. Di perkirakan candi ini berjumlah hingga ratusan namun yang saat ini tersisa hanyalah sekitar delapan candi yang di antaranya Candi Sembadra,

Candi Puntadewa, Candi Bima, Candi Semar, Candi Gatotkaca, Candi Dwarawati, Candi Arjuna, dan Candi Srikandi. Candi ini pun tidak memiliki banyak relief seperti hal nya candi lainnya meski begitu candi ini tetap memiliki ciri khas dan keindahannya tersendiri.

Nah, itulah 7 Sejarah Candi yang ada di Indonesia yang dapat saya sampaikan berdasarkan sedikitnya pengetahuan yang saya ketahui, setidaknya artikel ini dapat meemberikan Anda berupa gambaran mengenai ke tujuh candi tersebut.

Serta bagi Anda yang ingin mengunjungi tujuh wisata tersebut jangan lupa untuk tetap menjaga lingkungan dimana pun Anda berada.

Selain itu juga untuk bisa tetap melestarikan dan menjaga apa saja yang memiliki sejarah dan Amda tentunya harus mengetahui berbagai sejarah yang ada di Indonesia termasuk sejarah candi – candi yang jumlahnya sangat banyak serta sangat unik.

Dan semoga artikel yang saya tulis ini dapat bermanfaat bagi Anda yang membacanya. jangan lupa untuk terus up date artikel menarik lainnya yang akan saya buat, sampai jumpa kembali dan terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *