5 Wisata Sejarah di Ambarawa

Posted on

 

4. Museum Kereta Api Ambarawa

Foto by kumparan.com

Merupakan sebuah stasiun kereta api kelas I yang sudah tidak berfungsi dan dijadikan sebagai museum dan menjadi museum perkeretaapian pertama di Indonesia. Museum ini memiliki koleksi kereta api dari jaman dulu.

Pihak PT KAI dalam menunjang tempat wisata ini menyediakan layanan ankutan kereta wisata Ambarawa – Bedono (kereta api yang menggunakan rel gigi) dan Ambarawa – Tutang (kereta api yang menggunakan lokomotif diesel).

Perjalanan dapat dilakukan pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional selain di hari tersebut kamu dapat menggunkannya dengan sistem sewa.

 

Baca juga : Museum di Aceh

5. Museum Isdiman

Foto by situsbudaya.id

Museum ini merupakan museum yang terletak dekat dengan Monument Palagan Ambarawa, kedua bangunan ini di waktu yang sama. Museum ini didirikan untuk mengenang pertempuran yang terjadi di Ambarawa.

Dimana pada pertempuran tersebut gugur seorang Let.Kol Isdiman yang dibunuh oleh sekutu saat penerimaan jabatan di SD Tempuran yang lokasinya tak jauh dari kota Ambarawa. Pertempuran di Ambarawa tersebut berakhir pada 15 Desember 1945.

Oleh karena itu 15 Desember dijadikan sebagai hari Infanteri. Kembali lagi, di museum ini kamu dapat melihat koleksi seperti pakaian, senjata, lukisan dan maket teknik supit urang, pesawat, kereta, dan meriam.

 

Sumber:

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Monumen_Palagan_Ambarawa

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Benteng_Pendem_Ambarawa

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Gua-Maria_Kerep

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Museum_Kereta_Api_Ambarawa

asosiasimuseumindonesia.org/anggota/124-museum-isdiman-palagan-ambarawa.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *